Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Raksasa terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Dini 5-6 Tahun di RA Modern Asshofwan Klari Karawang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6320Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh penggunaan media permainan ular tangga raksasa sebagai bahan ajar untuk perkembangan sosial emosional terutama pada kepercayaan diri pada anak yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design dengan sampel 15 anak dari kelompok B yang berusia antara 5 dan 6 tahun. Menjalani penelitian ini dilakukan sepuluh kali pertemuan mulai dari pretest hingga postest di kelompok B, RA Asshofwan Klari Karawang. Menurut temuan penelitian, kepercayaan diri anak-anak meningkat sebesar 59 poin pada posttest dan 46 poin pada pretest. Dilihat juga dari hasil tabel Paired Sample T-test terdapat nilai T hitung sebesar 12.913 dengan nilai sig. (0,000) maka dapat diambil kesimpulan bahwa data tersebut terdapat pengaruh yang signifikan, maka penggunaan media pembelajaran permainan ular tangga raksasa dapat meningkatkan kemampuan kepercayaan diri pada anak usia lima sampai enam tahun.Downloads
Published
2022-08-24
How to Cite
Putri, . M. A. ., Darmiyanti, A. ., & Putri, F. E. . (2022). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Raksasa terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Dini 5-6 Tahun di RA Modern Asshofwan Klari Karawang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5274–5280. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6320
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mayangsari Agustin Putri, Astuti Darmiyanti, Feronica Eka Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).