Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Raksasa terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Dini 5-6 Tahun di RA Modern Asshofwan Klari Karawang

Authors

  • Mayangsari Agustin Putri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Astuti Darmiyanti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Feronica Eka Putri Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6320

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh penggunaan media permainan ular tangga raksasa sebagai bahan ajar untuk perkembangan sosial emosional terutama pada kepercayaan diri pada anak yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design dengan sampel 15 anak dari kelompok B yang berusia antara 5 dan 6 tahun. Menjalani penelitian ini dilakukan sepuluh kali pertemuan mulai dari pretest hingga postest di kelompok B, RA Asshofwan Klari Karawang. Menurut temuan penelitian, kepercayaan diri anak-anak meningkat sebesar 59 poin pada posttest dan 46 poin pada pretest. Dilihat juga dari hasil tabel Paired Sample T-test terdapat nilai T hitung sebesar 12.913 dengan nilai sig. (0,000) maka dapat diambil kesimpulan bahwa data tersebut terdapat pengaruh yang signifikan, maka penggunaan media pembelajaran permainan ular tangga raksasa dapat meningkatkan kemampuan kepercayaan diri pada anak usia lima sampai enam tahun.

Downloads

Published

2022-08-24

How to Cite

Putri, . M. A. ., Darmiyanti, A. ., & Putri, F. E. . (2022). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Raksasa terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Dini 5-6 Tahun di RA Modern Asshofwan Klari Karawang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5274–5280. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6320

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>