Pengaruh Penggunaan Media Video Pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10510Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media video pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Swasta Adicita Mulia Pontianak Kota. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk Pre-Experimental Design jenis non equivalent control group design. Populasinya seluruh peserta didik dari dua kelas yang berjumlah 48 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas P5 Jawa berjumlah 24 siswa dan siswa kelas P5 Nias berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran dan alat pengumpul data adalah tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil rata-rata tes akhir kelas eksperimen 78,08 dan rata-rata tes akhir kelas kontrol 70,25. Hasil uji hipotesis menggunakan t-test (separated varians) diperoleh thitung = 2,56 sedangkan untuk dk (24+24-2=46) dengan taraf signifikan ? = 5 % diperoleh ttabel = 1,6801 yang berarti thitung > ttabel, maka Ha diterima ini membuktikan terdapat pengaruh penggunakan media video pada pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil perhitungan effect size (ES) diperoleh ES= 0,78 yang termasuk kriteria sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video pada pembelajaran tematik memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Swasta Adicita Mulia Pontianak Kota. Kata Kunci : Pengaruh, Media Video, Tematik, Hasil Belajar KognitifDownloads
Published
2022-12-24
How to Cite
Oktavila Nauli Sinurat, Tampubolon, B. ., & Kresnadi, H. . (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video Pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12678–12684. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10510
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Oktavila Nauli Sinurat, Budiman Tampubolon, Hery Kresnadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).