Pengaruh Penggunaan Media Video Pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa

Authors

  • Oktavila Nauli Sinurat PGSD, FKIP, Universitas Tanjungpura
  • Budiman Tampubolon PGSD, FKIP, Universitas Tanjungpura
  • Hery Kresnadi PGSD, FKIP, Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10510

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media video pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Swasta Adicita Mulia Pontianak Kota. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk Pre-Experimental Design jenis non equivalent control group design. Populasinya seluruh peserta didik dari dua kelas yang berjumlah 48 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas P5 Jawa berjumlah 24 siswa dan siswa kelas P5 Nias berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran dan alat pengumpul data adalah tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil rata-rata tes akhir kelas eksperimen 78,08 dan rata-rata tes akhir kelas kontrol  70,25. Hasil uji hipotesis menggunakan t-test (separated varians) diperoleh thitung = 2,56 sedangkan untuk dk (24+24-2=46) dengan taraf signifikan ? = 5 % diperoleh ttabel = 1,6801 yang berarti thitung > ttabel, maka Ha diterima ini membuktikan terdapat pengaruh penggunakan media video pada pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil perhitungan effect size (ES) diperoleh ES= 0,78 yang termasuk kriteria sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video pada pembelajaran tematik memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Swasta Adicita Mulia Pontianak Kota. Kata Kunci : Pengaruh, Media Video, Tematik, Hasil Belajar Kognitif  

Downloads

Published

2022-12-24

How to Cite

Oktavila Nauli Sinurat, Tampubolon, B. ., & Kresnadi, H. . (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video Pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12678–12684. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10510

Most read articles by the same author(s)