Pengembangan Lembar Observasi Aktivitas Belajar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar

Authors

  • Arif Widodo Universitas Mataram http://orcid.org/0000-0002-1411-6464
  • Prayogi Dwina Angga Universitas Mataram
  • Muhammad Syazali Universitas Mataram
  • Umar Umar Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10145

Abstract

Aktivitas belajar siswa sekolah dasar dalam pembelajaran jarah jauh lebih sulit diamati jika dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka. Guru membutuhkan bantuan orang tua untuk memantau aktivitas belajar siswa. PermasalahanNya adalah instrumen yang berbasis kolaborasi antara guru dan orang tua belum tersedia. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu dilakukan pengembangan instrumen lembar observasi aktivitas belajar berbasis model partnership. Melalui penelitian ini diharapkan dapat menciptakan instrumen baru berbasis model partnership yang dapat digunakan untuk mengukur keterlibatan siswa dalam pembelajaran jarak jauh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan wawancara. Tahapan penelitian ini antara lain analisis permasalahan, penyusunan desain instrumen, validasi instrumen, uji coba instrumen dalam skala terbatas, revisi instrumen dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan mendapat penilaian 4.60 dari validator ahli dan 4.64 dari pengguna. Berdasarkan penilaian dari validator tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen yang dikembangkan layak digunakan untuk mengukur aktivitas belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh

Downloads

Published

2022-12-13

How to Cite

Widodo, A., Angga, P. D., Syazali, M., & Umar, U. (2022). Pengembangan Lembar Observasi Aktivitas Belajar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10931–10936. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10145