Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Berbasis Literasi Sains Melalui Media Pop Up Box di Era New Normal

Authors

  • Ketut Sri Kusuma Wardani Universitas Mataram
  • Nurwahidah Nurwahidah Universitas Mataram
  • Ni Luh Putu Nina Sriwarthini Universitas Mataram
  • Muhammad Syazali Universitas Mataram
  • Muhammad Erfan Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8742

Abstract

Penelitian ini termasuk pada penelitian kualitatif yang memiliki tujuan untuk memberikan gambaran pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis literasi sains melalui media pop up box di era new normal. Analisis dilakukan dengan metode wawancara dan observasi kepada guru SD di Kecamatan Praya-Lombok Tengah. Subyek pada studi ini ialah guru kelas IV SD Negeri Ketejer, SD Negeri Prayitna, dan SD Negeri 2 Gerunung. Pelaksanaan wawancara dilakukan dengan memberikan pertanyaan terbuka kepada guru dan observasi dilakukan dengan angket observasi terkait pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis literasi sains melalui media pop up box. Berdasarkan hasil penelitian menunukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis literasi sains melalui media pop up box terdiri dari tiga kegiatan, diantaranya: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Keterkaitan pembelajaran dengan literasi sains siswa dapat terlihat dalam kegiatan eksperimen, dan menyimpulkan, sedangkan kegiatan bertanya dan menjawab pertanyaan, serta mengkomunikasikan belum terlaksana sepenuhnya.

Downloads

Published

2022-11-17

How to Cite

Wardani, K. S. K., Nurwahidah, N., Sriwarthini, N. L. P. N., Syazali, M. ., & Erfan, M. . (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Berbasis Literasi Sains Melalui Media Pop Up Box di Era New Normal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4580–4584. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8742

Most read articles by the same author(s)