Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik Menggunakan Metode Group Investigation Terhadap Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.9427Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Group Investigation (GI) melalui pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain Control Group Pretest-Posttest. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) melalui pendekatan matematika realistik dan pembelajaran konvensional, dan variabel terikat yaitu komunikasi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Depok yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 140 orang. Terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, kemudian hasil tes tersebut telah diuji normalitas dan homogenitas untuk selanjutnya dianalisis melalui Independent Sample T-Tes dengan bantuan software SPSS 16.0. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh bahwa pembelajaran matematika menggunakan metode Group Investigation (GI) dengan pendekatan matematika realistik lebih efektif terhadap komunikasi matematis siswa.Downloads
Published
2022-03-30
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).