Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik Menggunakan Metode Group Investigation Terhadap Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII

Authors

  • Sity Rahmy Maulidya Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.9427

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Group Investigation (GI) melalui pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain Control Group Pretest-Posttest. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa pembelajaran kooperatif  tipe Group Investigation (GI) melalui pendekatan matematika realistik dan pembelajaran konvensional, dan variabel terikat yaitu komunikasi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Depok yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 140 orang. Terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, kemudian hasil tes tersebut telah diuji normalitas dan homogenitas untuk selanjutnya dianalisis melalui Independent Sample T-Tes dengan bantuan software SPSS 16.0. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh bahwa pembelajaran matematika menggunakan metode Group Investigation (GI) dengan pendekatan matematika realistik lebih efektif terhadap komunikasi matematis siswa.

Downloads

Published

2022-03-30