Pengembangan Media E-Monopoli Edukatif di Kelas IV SDN 193 Pekanbaru pada Tema 4 Subtema 1

Authors

  • Fillia Aswari Universitas Islam Riau
  • Febrina Dafit Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3925

Abstract

Media pembelajaran  merupakan salah satu sarana yangs digunakansdalam penyampaian informasi yang disampaikan dari pendidik ke peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk  mengembangkan  media E-Monopoli edukatif untuk menunjang proses pembelajaran. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan menurut Hannafin dan Peck yang terdiri dari 3 fase. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, validator desain dan validator bahasa untuk menilai kemenarikan dan isi dari e-monopoli edukatif. Jenis data yang didapatkan yaitu data kualitatif berupa saran dan kritik dari 6 validator dan data kuantitatif berupa jumlah (angka) dari 6 validator. Penelitian ini menghasilkan media E-Monopoli edukatif yang dapat dipakai untuk SD sebagai media yang sudah memenuhi krikteria sangat valid, skor rata-rata validasi 1: materi 85,38%, bahasa 73,33% dan desain 87,85%. skor rata-rata validasi 2: materi 92,30 %, bahasa 90% dan desain 92,85%. Validasi dilakukan 2 kali karena sudah mendapatkan nilai yang sangat valid dengan persentase kelayakan 91,94% setelah dilakukannya validasi kedua. Media E-Monopoli edukatif sudah layak digunakan untuk proses pembelajaran.

Downloads

Published

2022-03-16