MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI GAMES BALL DI KELOMPOK BERMAIN NURUL FALAH DESA TERATAK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3347Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik pada anak kelompok bermain Nurul Falah Desa Teratak. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 15 anak Kelompok Bermain (KB) Nurul Falah Desa Teratak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Teknik Analisis data dilakukam secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan terhadap kecerdasan kinestetik setelah melakukan games ball. Peningkatan kecerdasan kinestetik anak setiap siklus mengalami perkembangan. Hal ini dibuktikan dari pratindakan ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 32,8%, sedangkan perkembangan kecerdasan kinestetik dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 48,8%. Secara keseluruhan peningkatan perkembangan kecerdasan kinestetik dari siklus I ke siklus II sebesar 97,8%.Downloads
Published
2021-12-31
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).