PELATIHAN DAN PEMBUATAN WEBSITE E-COMMERCE PADA UMKM MUDOKUFOOD TEMBILAHAN

Authors

  • Dwi Yuli Prasetyo Universitas Islam Indragiri
  • Fitri Yunita Universitas Islam Indragiri
  • Asniati Bindas Universitas Islam Indragiri
  • Abdullah Abdullah Universitas Islam Indragiri
  • Samsudin Samsudin Universitas Islam Indragiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4393

Keywords:

Website, E-Commerce, Marketing, Umkm, Tembilahan

Abstract

Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Indragiri Hilir saat memegang peranan penting dalam mendorong perekonomian masyarakat kedepan. Hal ini sebagian besar tidak terlepas dari pesatnya ekspansi UMKM yang berdampak positif bagi perekonomian daerah yang lebih mampu menunjukkan kemandiriannya, seperti yang terlihat di Desa Tembilahan. Banyak orang Tembilahan menjalankan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Sejauh ini baru diiklankan ke tetangga dan teman-teman di daerah tersebut. Meski menggunakan media sosial, UMKM di Tembilahan tumbuh dengan sangat cepat. Oleh karena itu, Universitas Islam Indragiri telah membantu pembentukan organisasi pengelola UMKM di Tembilahan melalui program Community Science and Technology . Media online berupaE-Commerce juga telah dibangun sebagai wadah bagi para pelaku UMKM yaitu UMKM Mudokufood Tembilahan guna mempermudah pengelolaannya. UMKM Mudokufood masih membutuhkan pendampingan dan pelatihan baik bagi pengelola E-Commerce agar tetap eksis dan terus berkembang secara berkelanjutan. Oleh karena itu diluncurkan program pendampingan dan pelatihan bagi UMKM Mudokufood Tembilahan di Desa Tembilahan dengan harapan dapat meningkatkan omset UMKM Mudokufood Tembilahan.

References

Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). Commerce Berbasis M arketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(2), 131–136.

I Made Adi Pranata, G. S. D. (2018). STRATEGI PENERAPAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(1), 15–18.

Irawan, P. L. T., Kestrilia Rega Prilianti, & Melany. (2020). Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Melalui Implementasi E-Commerce di Kelurahan Tlogomas. Jurnal SOLMA, 9(1), 33–44. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4347

Jaidan, J. (2010). Upaya Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) Dengan Memanfaatkan E-Commerce. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 159–168.

Mumtahana, Hani Atun, Nita, S., & Tito, A. W. (2017). khazanah informatika Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran. Pemanfaatan Web E-Commerce Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran, 3(1), 6–15. http://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/3309/2784

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Prasetyo, D. Y., Yunita, F. ., Bindas, A. ., Abdullah, A., & Samsudin, S. (2022). PELATIHAN DAN PEMBUATAN WEBSITE E-COMMERCE PADA UMKM MUDOKUFOOD TEMBILAHAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 626–637. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4393

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.