PELATIHAN DAN PEMBUATAN WEBSITE E-COMMERCE PADA UMKM MUDOKUFOOD TEMBILAHAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4393Keywords:
Website, E-Commerce, Marketing, Umkm, TembilahanAbstract
Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Indragiri Hilir saat memegang peranan penting dalam mendorong perekonomian masyarakat kedepan. Hal ini sebagian besar tidak terlepas dari pesatnya ekspansi UMKM yang berdampak positif bagi perekonomian daerah yang lebih mampu menunjukkan kemandiriannya, seperti yang terlihat di Desa Tembilahan. Banyak orang Tembilahan menjalankan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Sejauh ini baru diiklankan ke tetangga dan teman-teman di daerah tersebut. Meski menggunakan media sosial, UMKM di Tembilahan tumbuh dengan sangat cepat. Oleh karena itu, Universitas Islam Indragiri telah membantu pembentukan organisasi pengelola UMKM di Tembilahan melalui program Community Science and Technology . Media online berupaE-Commerce juga telah dibangun sebagai wadah bagi para pelaku UMKM yaitu UMKM Mudokufood Tembilahan guna mempermudah pengelolaannya. UMKM Mudokufood masih membutuhkan pendampingan dan pelatihan baik bagi pengelola E-Commerce agar tetap eksis dan terus berkembang secara berkelanjutan. Oleh karena itu diluncurkan program pendampingan dan pelatihan bagi UMKM Mudokufood Tembilahan di Desa Tembilahan dengan harapan dapat meningkatkan omset UMKM Mudokufood Tembilahan.References
Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). Commerce Berbasis M arketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(2), 131–136.
I Made Adi Pranata, G. S. D. (2018). STRATEGI PENERAPAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(1), 15–18.
Irawan, P. L. T., Kestrilia Rega Prilianti, & Melany. (2020). Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Melalui Implementasi E-Commerce di Kelurahan Tlogomas. Jurnal SOLMA, 9(1), 33–44. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4347
Jaidan, J. (2010). Upaya Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) Dengan Memanfaatkan E-Commerce. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 159–168.
Mumtahana, Hani Atun, Nita, S., & Tito, A. W. (2017). khazanah informatika Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran. Pemanfaatan Web E-Commerce Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran, 3(1), 6–15. http://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/3309/2784
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dwi Yuli Prasetyo, Fitri Yunita, Asniati Bindas, Abdullah Abdullah, Samsudin Samsudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.