ANALISIS KERUMITAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA SMP SWASTA ALWASLIYAH 40 BANDAR HULUAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2942Keywords:
Bahasa Inggris, pembelajaran, kesulitanAbstract
Pengabdian  ini  menganalisis  kesulitan  belajar  bahasa  Inggris  siswa SMP Swasta Alwasliyah 40 Bandar Huluan. Fokus Pengabdianini adalah menemukan kesulitan siswa dalam menguasai kompetensi bahasa Inggris siswa SMP Swasta Alwasliyah 40 Bandar Huluan. Peneliti menggunakan pendekatan individual dalam mengumpulkan data kualitatif .  Prosedur  yang  digunakan melalui pemanfaatan Media dan Strategi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pengajaran.  Data  dianalisis  dengan  menggunakan pre – test dan post test,  yaitu: (1) eksplorasi  pada  kedua  proses  belajar  siswa  dan  hasilnya;  (2) menganalisis hasil eksplorasi melalui wawancara dengan siswa. Temuan menunjukkan bahwa kesulitan siswa belajar bahasa Inggris: (1) rasa dipaksa; (2) penguasaan rendah pada konsep dasar / intake; (3) kurang dukungan dari lingkungan mereka; (4) memiliki lebih sedikit kesempatan untuk berlatih.  Sehubungan  dengan  temuan  tersebut,  disarankan  agar guru dan sekolah harus  memfasilitasi  dan memberikan  motivasi  tinggi  untuk  proses  belajar  bahasa Inggris siswa mereka.References
Abdurrahman, Mulyono.1999. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Anurahman. 2009. Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Arikunro, Sukarsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Margono. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja
Rosdakarya.Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan LandasanKerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: RinekaCipta
Bundu, Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains di SD. Jakarta: Depdiknas.
Srini M. Iskandar. 1996. Pendidikan Ilmu pengetahuan Alam. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan
Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Sugiono. 2005. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sujana, Nana. 2008. Penilian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Remaja Rosda karya
Suryabrata, Sumardi. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Gravindo Syamsuddin, Abin. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya Wakitri. 1990. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Karunika
Zuriyah Nurul. 2007. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Trianto.2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif.Jakarta: Kencana
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara
Downloads
Published
Versions
- 2022-07-25 (2)
- 2021-10-23 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Anita Purba, Ridwin Purba, Benarita Benarita, Marhaeni K D Matondang, Rohdearni Wati Sipayung, Mardin Silalahi, Tiodora Fermiska Silalahi, Natanael Saragih, Semaria Eva Elita Girsang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.