ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SMA NEGERI 1 NARUMONDA KABUPATEN TOBASA

Authors

  • Mardin Silalahi Universitas Simalungun
  • Anita Purba Universitas Simalungun
  • Benarita Benarita Universitas Simalungun
  • Marhaeni K.D Matondang Universitas Simalungun
  • Rohdearni Wati Sipayung Universitas Simalungun
  • Tiodora Fermiska Silalahi Universitas Simalungun
  • Natanael Saragih Universitas Simalungun
  • Semaria Eva Girsang Universitas Simalungun
  • Indra Jayanti Damanik Universitas Simalungun
  • Bismar Sibuea Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4686

Keywords:

Analisis, Kesulitan, Belajar

Abstract

Pengabdian ini menganalisis kesulitan belajar bahasa Inggris siswa  SMA Negeri 1 Narumonda Siantar, kabupaten TOBASA. Fokus pengabdian ini adalah menemukan kesulitan siswa dalam menguasai kompetensi bahasa Inggris. Pengabdian ini menggunakan pendekatan klasik dan individual dalam mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif. Prosedur yang digunakan konteks,  input,  proses,  dan  produk / CIPP-Model Evaluasi untuk manfaatnya untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Data dianalisis dengan menggunakan  McDonough  &  McDonough Model, yaitu .: (1) eksplorasi pada kedua proses belajar siswa dan hasilnya; (2) menganalisis hasil eksplorasi melalui kuesioner, wawancara dengan siswa; (3) melakukan peer-debriefing, yaitu wawancara dengan guru lain yang terkait dengan, metode, konten silabus, apakah mereka telah sesuai dengan  kebutuhan  siswa.  Temuan menunjukkan bahwa siswa belajar bahasa Inggris kesulitan untuk: (1) rasa dipaksa; (2) penguasaan rendah pada konsep dasar / intake; (3) kurang dukungan dari lingkungan mereka; (4) lupakan faktor; (5) memiliki lebahasa Inggrish sedikit kesempatan untuk berlatih. Sehubungan dengan temuan tersebut, disarankan agar guru  dan  lembaga harus memfasilitasi dan memberikan motivasi tinggi untuk proses belajar bahasa Inggris siswa mereka.

References

Alisyahbana, S.T.A. (1994). The Teaching of English in Indonesia. Oxford:Oxford University Press.

Cunningsworth, Alan. 1995. Choosing Your Coursebook. Great Britain: The Bath Press.

Gage and Berliner. (1984). Educational Psychology. London: Houghton Mifflin Company.

Gall, Meredith D. & Gall, Joyce P. 2003. Educational Research: An Introduction (Seventh Edition). Boston: Pearson Education, Inc.

Imam Barnadib. (1994). Citra Guru dan Layanan Profesionalnya (Makalah dalam Jurnal Penelitian IKIP).Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP.

Klein, Stephen B. 1996. Learning Principles and Application.New York: McGraw-Hill, Inc.

McDonough, Jo & McDonough, Steven. 1997. Research Methods for English Language Teachers. New York: St.Martin’s Press, Inc.

Richards, Jack C. 2001. Curriculum and Materials Development for English Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Soedijarto. (1993). Menuju Pendidikan yang Relevan. Jakarta: Balai Pustaka.

Stinnett, T.M. (1965). The Profession of Teaching. New Delhi: Prentice Hall of India (private) LTD.

Tomlinson, Brian. 1998. Materials Development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Tomlinson, Brian. & Masuhara, Hitomi. 2004. Developing Language Course Materials. Singapore: SEAMEO Regional Language Centre.

Woolfolk, Anita., et al. (1984). Educational Psychology for Teachers. New Jersey: Prentice- Hall Inc.

Yin, Robert K., 1987. Case Study Research Design and Methods. Beverly Hills, London: Sage Publication.

Downloads

Published

2022-06-14 — Updated on 2022-06-14

Versions

How to Cite

Silalahi, M. ., Purba, A. ., Benarita, B., Matondang, M. K. ., Sipayung, R. W. ., Silalahi, T. F. ., Saragih, N. ., Girsang, S. E. ., Damanik, I. J. ., & Sibuea, B. . (2022). ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SMA NEGERI 1 NARUMONDA KABUPATEN TOBASA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 728–732. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4686