PENGUNAAN MEDIA TEKA TEKI SILANG MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG
Keywords:
TTS Matematika, Matematika, Media Pembelajaran, Pelatihan.Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang wajib ada di setiap jenjang pendidikan. Hal ini karena matematika memiliki andil yang dominan dalam menata berbagai aspek kehidupan. Begitu besarnya peranan matematika dalam kehidupan, sehingga pemahaman terhadap matematika mau tidak mau harus dipelajari. Berdasarkan hal tersebut, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa agar bersemangat dalam belajar matematika dengan menghadirkan inovasi baru dalam belajar matematika yaitu menggunakan media pembelajaran TTS matematika sebagai alat bantu. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SD Hilyatul Jannah Kampar. Sasaran dari kegiatan pengabdian ini adalah siswa kelas 1 SD sebanyak 36 siswa yang terdiri dari dua kelas. Siswa yang diobservasi diambil sampel sebanyak 15 siswa. Instrumen yang digunakan pada pengabdian ini adalah lembar observasi dan dokumentasi. Hasil observasi kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil analisis diperoleh 77% kesiapan siswa dalam mengikuti kegiatan, 80% antusisme siswa dalam mengikuti kegiatan, 78% menuliskan jawaban siswa pada TTS matematika, 75% bekerjasama dalam diskusi, 63% keaktifan siswa, 67% bertanggung jawab, 61% keberanian dalam bertanya dan mengemukakan kesulitan, dan 61% menarik kesimpulan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media TTS matematika membuat siswa menjadi aktif dalam belajar dan paham dalam materi matematika dasar berupa operasi hitung.References
Dyah Anungrat Herzamzam. (2018). Peningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik (pmr) Pada Siswa Sekolah Dasar. Visipena Journal, 9(1), 67–80. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.430
Fadiana, M. & Citra Dewi Rosalina. (2020). Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Tunagrahita Melalui Pembelajaran Terintegrasi Semiotik Dengan Media Buku Pop Up. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 373–383. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3940
Hakim, A. R. (2019). Teka Teki Silang Matematika Untuk Kelas 1 Tingkat Sekolah Dasar Sebagai Inovasi Pembelajaran Matematika. Seminar & Conference Proceedings of UMT, 0, Article 0. https://doi.org/10.31000/cpu.v0i0.1691
Hidayat, S., Anggraeni, F. D. R., & Mukhlishoh, S. (2020). Pengembangan Buku Bergambar Bertekstur Dilengkapi Teka-Teki Silang Sebagai Media Pembelajaran Biologi Sub Materi Jaringan Epitel Kelas XI SMA. Symbiotic: Journal of Biological Education and Science, 1(1), 15–24.
Khalil, M. (2016). Membangun Kemampuan Koneksi Matematika Melalui Strategi Interaksi Peserta Didik Program Studi Pendidikan Pendidik Madrasah Ibtidaiyah (pgmi) Institut Agama Islam Negeri (iain) Jember | Kholil | Fenomena.
Kholiyanti, A. (2018). Pembelajaran Matematika Dari Konkrit Ke Abstrak Dalam Membangun Konsep Dasar Geometri Bagi Siswa Sekolah Dasar. Pi: Mathematics Education Journal, 1(2), 40–46. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i2.2322
Kurniati, A., & Nufus, H. (2018). Pengembangan Buku Keajaiban Angka Dalam Alqur’an Dilengkapi Media Kartu Angka. MaPan?: Jurnal matematika dan Pembelajaran, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a4
Kurniati, A., Rahmi, D., & Yuniati, S. (2022). Pengembangan Media Permainan Teka Teki Silang (TTS) Matematika Pada Materi Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1461–1474. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1346
Muhtarom, M., Nizaruddin, N., Sugiyanti, & Sugiyanti, S. (2016). Pengembangan Permainan Teka-Teki Silang Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas Vii Smp.
Nurfadhillah, S., Ramadhanty, A., Wahidah, & Rahmah, G. (2021). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah | EDISI. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/1353
Rosnaini, Sugiyono, & Tampubolon, B. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Alat Peraga Realita Di Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.26418/jppk.v4i1.8529
Wijaya, R., Vioreza, N., & Marpaung, J. B. (2021). Penggunaan Media Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 579–587.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Depriwana Rahmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.