KETERLIBATAN MASYARAKAT DALAM UPAYA MEMBANGUN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36953Keywords:
Keterlibatan Masyarakat, Pendidikan Berkelanjutan, Pembangunan Desa.Abstract
Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan dasar upaya membangun pendidikan berkelanjutan di Desa Kwala Sikasim Kabupaten Batubara. Pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis peran dan keterlibatan masyarakat dalam membangun pendidikan berkelanjutan. Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN), pendekatan partisipatif digunakan dalam melibatkan berbagai elemen masyarakat, termasuk tokoh masyarakat, pendidik, serta pemuda desa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa partisipasi aktif masyarakat, dukungan infrastruktur pendidikan, serta program-program kolaboratif antara pemerintah desa dan lembaga pendidikan memainkan peran kunci dalam keberhasilan inisiatif pendidikan berkelanjutan. Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan yang inklusif dan berkelanjutan juga meningkat seiring dengan adanya program-program yang mendukung pemberdayaan komunitas lokal. Dengan adanya keterlibatan masyarakat yang optimal, diharapkan upaya pembangunan pendidikan berkelanjutan di desa ini dapat terus berkembang dan memberikan dampak jangka panjang bagi generasi mendatang.References
Afriadi, T., & Wahyono, H. (2012). Partisipasi Masyarakat Dalam Penyediaan Pamsimas Di Kecamatan Simpur Kabupaten Hulu Sungai. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 8(4), 341–348.
Hana Thifal Hanifah, Raisa Az Zahra, & Icshan Fauzi Rachman. (2024). Model Pendidikan Literasi Digital Pada Masyarakat Desa: Strategi Pengembangan Kemampuan Digital Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan Dan Agama, 2(3), 42–47. https://doi.org/10.59024/jipa.v2i3.722
Hidayat, R. Z. M., Robbina, M. A. F. R., Sari, E. N., Azizah, W., & Iskandar, A. F. (2024). Peran Program Pengenalan Dalam Meningkatkan Engagement Karyawan: Pendekatan Berbasis Teori Motivasi. MANABIS: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 69–79. https://doi.org/10.54259/manabis.v3i2.2822
Kristianto, D., & Suharno, S. (2020). Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional, Spiritual, Sosial dan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Research Fair Unisri, 4(1), 291–300. https://doi.org/10.33061/rsfu.v4i1.3410
Laksana, April; Idzhar, Ade; Dewi, Intan, I; Ferdiana, R. K. (2023). Sinergitas senabung dan mitra pada kegiatan sosial di desa ciwarna kecamatan mancak kabupaten serang. Batara Wisnu Journal, 3(2), 408–425. http://batarawisnu.gapenas-publisher.org/index.php/home/article/view/197
Mauliddiyah, N. L. (2021). No ????????????????????? ?????????????????Title. 6.
Muhaemin, A. M., & Hasanah, T. R. (2024). Membangun Potensi Desa melalui Pemberdayaan Masyarakat: Studi Kasus Kampung Ciboleger, Banten. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 1–28. https://doi.org/10.32678/dedikasi.v17i1.11025
Munib, I. A., Yuwono, C., & Sujud, F. A. (2024). KPM Desa Purwasana Meningkatkan Pendidikan Pertanian Berkelanjutan. … Masyarakat Al-Ghobi, 13–24. https://ejurnal.staitangho.ac.id/index.php/jpmag/article/view/2%0Ahttps://ejurnal.staitangho.ac.id/index.php/jpmag/article/download/2/2
Susana, I., Alvi, N. N., & Persada, C. (2017). Perwujudan Pariwisata Berkelanjutan Melalui Pemberdayaan Masyarakat Lokal Di Pulau Pahawang, Pesawaran, Provinsi Lampung. Tataloka, 19(2), 117. https://doi.org/10.14710/tataloka.19.2.117-128
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Paisal Manurung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.