PELATIHAN MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS KEPADA GURU-GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DI TPQ AL-IHSAN SINDANGJAYA, PADAKEMBANG, TASIKMALAYA, JAWA BARAT

Authors

  • Nana Suyana Universitas Indraprasta PGRI
  • Ninta Sri Ulina Universitas Indraprasta PGRI
  • Agus Kusman Universitas Indraprasta PGRI
  • Bahrudin Bahrudin Universitas Indraprasta PGRI
  • Nabila Oktavia Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36217

Keywords:

Guru, Pendidikan, Pengelolaan Kelas

Abstract

Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan prasyarat utama untuk mewujudkan negara yang maju, kuat, dan sejahtera. Pendidikan berperan penting dalam membentuk sumber daya manusia yang kompeten. Dalam konteks ini, guru sebagai salah satu pelaku utama pendidikan memiliki peran krusial dalam keberhasilan proses pembelajaran di sekolah. Guru bertanggung jawab dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan dan kehidupan mereka secara optimal di masa depan. Pemahaman yang baik tentang teori dan implementasi pembelajaran pengelolaan kelas sangat diperlukan untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Pengelolaan kelas mencakup pengaturan kelas, fasilitas fisik, rutinitas, serta berbagai komponen pembelajaran lainnya. Tujuan dari pengelolaan kelas adalah menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas yang kondusif sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif dan efisien.Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) Al-Ihsan dan guru-guru TPQ se Kecamatan Padakembang, Tasikmalaya, Jawa Barat, merupakan bagian dari stakeholders yang bertanggung jawab dalam pembelajaran di lembaga mereka. TPQ berperan penting dalam membentuk generasi qur’ani yang berakhlak mulia. Oleh karena itu, guru-guru TPQ perlu memahami dan mampu mengimplementasikan manajemen pengelolaan kelas agar dapat menciptakan generasi qur’ani yang berkualitas di masa depan.

References

Arikunto. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka

Cipta Djamarah. Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan & Kebudayaan.

Hadari. Nawawi. 1981. Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Sudirman dan A. Mawalla. 2004. Teknik Pembelajaran Pengelolaan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Suyana, N. ., Ulina, N. S. ., Kusman, A. ., Bahrudin, B., & Oktavia, N. . (2024). PELATIHAN MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS KEPADA GURU-GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DI TPQ AL-IHSAN SINDANGJAYA, PADAKEMBANG, TASIKMALAYA, JAWA BARAT . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 10093–10096. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36217