PENDAMPINGAN SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN SEJAK DINI

Authors

  • Gamar Abdullah Universitas Negeri Gorontalo
  • Fidyawati Monoarfa Universitas Negeri Gorontalo
  • Asni Ilham Universitas Negeri Gorontalo
  • Samsiar Rivai Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25894

Keywords:

Sekolah, Ramah Anak, Disiplin

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam menciptakan generasi penerus yang unggul, berkepribadian baik dan memiliki iman yang kuat. Untuk mencapai masa depan yang maju seorang siswa perlu bimbingan dari seorang guru melalui pendidikan karakter. Salah satu solusi menghadirkan pendidikan yang humanis pada anak dalah dengan program sekolah ramah anak. Sekolah ramah anak secara definisi adalah sekolah yg aman, nyaman, asri, indah, inklusi tanpa kekerasan untuk menciptakan generasi yang tangguh berakhlak mulia. Berkaitan dengan pendidikan ramah anak, perlu adanya profil untuk dijadikan sebuah contoh sekolah ramah anak khususnya di Propinsi Gorontalo. MIS Al Mourky merupakan lembaga sekolah yang mencanangkan diri sebagai sekolah ramah anak di Provinsi Gorontalo di Tahun 2023. Untuk mewujudkan MIS Al Mourky sebagai sekolah ramah anak, maka dilakukan pendampingan dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, pelatihan dan pendampingan tentang penerapan sekolah ramah anak. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pendampingan sekolah ramah anak dalam menumbuhkan kedisiplinan anak sejak dini di MIS Al Mourky telah mampu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru terkait beberapa materi yang diberikan yang meliputi meliputi materi (1) perkembangan peserta didik, (2) hukuman dan disiplin positif, (3) memahami dan menangani perilaku misbehave, (4) memahami dan menangani bullying, (5) penerapan disiplin dalam pengelolaan kelas dan sekolah.

References

Abdullah, G., & Ilham, A. (2023). Pencegahan Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Pelibatan Orang Tua. Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian: DIKMAS, 03(1), 175–182.

Dalimunthe, E. M., Cantika, C., Harahap, N. D., Habib, M., & Khodijah, S. (2022). Urgensi Memahami Perkembangan Remaja Dalam Menyelaraskan Proses Belajar Yang Spesifik. Jurnal Pema Tarbiyah, 1(1), 44.

Herawati, N., & Deharnita. (2019). Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying pada Anak. NERS: Jurnal Keperawatan, 15(1), 60–66.

Himawati, I. P., Nopianti, H., & Widiyarti, D. (2021). Sosialisasi Program Sekolah Ramah Anak Guna Mendukung Kebijakan Kota Layak Anak Di Kota Bengkulu. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2021, 2021. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm

Indonesia, Y. O. (n.d.). Modul Pelatihan Disiplin Positif untuk Guru tingkat SMP 1.

Triwahyuni, E. (2018). Penanganan Misbehavior Pada Anak Usia Dini Yang Menganggu Di Kelas. Jurnal Audi, 3(1), 47.

Whiti Estari Negeri, A. S. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series, 3(3), 1439–1444. h

Wicaksono, T. H. (2013). Perilaku Mengganggu di Kelas. Paradigma, 8, 115–130.

Downloads

Published

2024-02-20

How to Cite

Abdullah, G. ., Monoarfa, F. ., Ilham, A. ., & Rivai, S. . (2024). PENDAMPINGAN SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN SEJAK DINI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2382–2387. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25894