PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KURIKULUM, BAHAN AJAR, DAN PENGELOLAAN KELAS DI SMPK WONDER SCHOOL MANADO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25741Keywords:
Pelatihan, Guru, Kurikulum, Pengelolaan Kelas, Manajemen KelasAbstract
Program Kuliah Pengelolaan Pembelajaran Terstruktur (KPPT) di SMPK Wonder School Manado adalah inisiatif dari Sekolah Teologi Baptis Indonesia untuk meningkatkan standar pendidikan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Tujuan program ini adalah menghasilkan lulusan yang lebih berkualitas dengan fokus pada perbaikan kualitas pendidikan dasar. Melalui metode seperti ceramah, diskusi, simulasi, pendampingan, dan pengamatan, KPPT memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada sepuluh guru dan kepala sekolah dari SMPK Wonder School untuk mengembangkan dan menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, serta teknik pengajaran dan manajemen kelas yang efektif. Dampak dari program KPPT adalah pemahaman yang lebih dalam tentang peran penting guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mengembangkan kurikulum. Para guru yang mengimplementasikan kurikulum baru ini telah berhasil menghadapi tantangan pendidikan di wilayah tersebut dengan hasil yang positif. Secara keseluruhan, program KPPT telah memberikan kontribusi penting dalam upaya peningkatan standar pendidikan di Sulawesi Utara.References
Gulo, E. (2021). Inovasi IPTEK dan Mutu Pendidikan Perguruan Tinggi yang Modern, Kompeten, dan Berintegritas. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(2), 523-546. Doi: 10.15294/snhunnes.v7i2.736
Aprilia, B. F., & Trihantoyo, S. (2020) Strategi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(4), 434-449.
Astuti, Y. (2019). Pengaruh Pelatihan dan Penilaian Kinerja terhadap Profesionalisme Guru di MTs Negeri 2 Kendal. Skripsi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.
Aurina, A. N., & Zulkarnaen. (2022). Efektivitas Peran Guru Pendamping dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6791-6802. Doi: 10.31004/obsesi.v6i6.3450
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP). (2022). Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran BSKAP Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Briggs, A. R.J., Morrison, M., & Coleman, M. (2012). Research Methods in Educational Leadership and Management. SAGE Publications Ltd.
Huriaty, D., Esterani, Z., & Saufi, M. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. International Seminar on Education, Technology, and Art, 1. Doi: https://doi.org/10.33654/iseta.v1i0.1858
Knowles, M. S. (1984). Andragogy in Action: Applying Modern Principles of Adult Learning. San Francisco: Jossey-Bass.
Mulyasa, E. (2014). Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013. Rosdakarya.
Patimah. (2016). Pendidik dalam Pengembangan Kurikulum. Al Ibtida, 3(1), 147-161.
Rozak, Z., R. (2019). Keterampilan Guru Mengelola Kelas dan Implementasinya pada Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Luqman Al-Hakim Kecamatan Slawi. Skripsi. Universitas Negeri Semarang
Sudjana, N. (2016). Kurikulum dan Pengembangan Kurikulum. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Wiguna, I. B. (2021). Pelatihan dan Pengembangan Keterampilan Mengajar Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 533-539.
Yandri. (2022). Peran Guru dalam Menghadapi Inovasi Merdeka Belajar. Diambil dari Direktorat Guru Pendidikan dasar: gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/peran-guru-dalam-menghadapi-inovasi-merdeka-belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jemmy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.