PELATIHAN PEMBUATAN MODUL AJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLEGENCE

Authors

  • Wilda Mahmudah Universitas Qomaruddin
  • Roisatun Nisa Universitas Qomaruddin
  • Lailatul Masruroh Universitas Qomaruddin

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34629

Keywords:

Canva, Chat GPT, Gamma, Kecerdasan Buatan (AI), Modul Ajar

Abstract

Di dalam era yang serba digital ini, penguasaan teknologi dalam pendidikan menjadi sebuah keharusan, terutama dalam meningkatkan hasil belajar dan kualitas pembelajaran siswa sebagai bekal untuk masa depan mereka. SMP Ma'arif Miftahul Ulum menghadapi tantangan dalam meningkatkan literasi numerasi siswa, salah satu faktornya adalah keterbatasan kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi terkini. Oleh karena itu, pelatihan pembuatan modul ajar dan media pembelajaran berbasis Artificial Intelligence (AI) diperlukan untuk memperkuat kompetensi guru. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mendesain pembelajaran yang lebih interaktif, inovatif, dan relevan dengan kebutuhan siswa. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini mencakup sosialisasi, pelatihan, pendampingan penerapan teknologi, dan evaluasi. Guru diberikan pelatihan pembuatan pembuatan modul ajar berbasis AI yaitu dengan Chat GPT yang dapat diterapkan dalam pembelajaran sehari-hari, dan juga pembuatan media pembelajaran yang didukung AI yaitu dengan Gamma dan Canva sehingga diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami konsep materi yang diajarkan. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan kemampuan guru menggunakan teknologi AI dalam pembelajaran. Guru mampu menciptakan modul ajar dan media pembelajaran berbasis AI untuk mendukung pembelajaran. Dengan adanya pelatihan ini guru juga sangat terbantu dalam hal efektifitas dalam pembuatan administrasi maupun media pembelajaran. Oleh karena itu penguatan kompetensi guru melalui pelatihan berbasis teknologi seperti AI terbukti penting dalam upaya meningkatkan literasi numerasi siswa, yang pada akhirnya mendukung peningkatan kualitas pendidikan.

References

Anggoro, D., Rolia, E., Rahayu, S. R., Hidayat, A., & Mujito, M. (2024). Optimalisasi Pembuatan Media Pembelajaran dengan AI di SMK Muhammadiyah Way Sulan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(11), 3230–3236.

Azizah, N. L., Suci, T. P., & El Walida, S. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Melalui Media Canva pada Calon Guru Matematika. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bersinergi Inovatif, 1(2), 101–108.

Kisno, K., Fatmawati, N., Rizqiyani, R., Kurniasih, S., & Ratnasari, E. M. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligences (AI) Sebagai Respon Positif Mahasiswa PIAUD Dalam Kreativitas Pembelajaran Dan Transformasi Digital. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 4(1), 44–56.

Murtafiah, W., Krisdiana, I., Fitria, R. N., Ningrum, P. P., & Subeqi, E. F. (2023). Pendampingan Guru Sekolah Dasar untuk Penguatan Literasi Numerasi Siswa Melalui Proyek Kolaborasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Patikala, 2(3), 694–703.

Naibaho, T. (2022). Penguatan literasi dan numerasi untuk mendukung profil pelajar pancasila sebagai inovasi pembelajaran matematika. Sepren.

Surachman, A., Putri, D. E., & Nugroho, A. (2024). Transformasi Pendidikan di Era Digital Tantangan dan Peluang. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 52–63.

Yanti, M. (2023). Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Mahasiswa Calon Guru SD Pada Materi IPA. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1138–1148.

Downloads

Published

2024-09-23

How to Cite

Mahmudah, W. ., Nisa, R. ., & Masruroh, L. . (2024). PELATIHAN PEMBUATAN MODUL AJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLEGENCE . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9038–9043. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34629

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.