PENDAMPINGAN PENYUSUNAN MODUL AJAR UNTUK GURU BAHASA INGGRIS KOTA MAKASSAR

Authors

  • Nuraziza Aliah Universitas Terbuka
  • Avelyn Pingkan Komuna Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26717

Keywords:

Kurikulum merdeka, guru Bahasa Inggris, E-Modul Bahasa Inggris

Abstract

Kebijakan baru kementerian dengan menerapkan kurikulum merdeka sebagai upaya pemulihan pembelajaran berimplikasi pada berubahnya tuntutan manajemen pembelajaran. Perubahan ini salah satunya terlihat pada bentuk RPP yang dalam penerapan kurikulum merdeka berbentuk modul aja.r. Dalam penyusunannya, guru diberi keleluasaan untuk memilih, membuat dan mengembangkan format modul ajar yang disesuaikan dengan kondisi siswa                              dan lingkungan pembelajaran. Idealnya guru dapat membuat modul ajar yang terdiferensiasi berdasarkan kondisi lingkungan pembelajaran masing-masing guru. Namun pada kenyataannya, banyak guru yang masih merasa kesulitan dalam penyusunan               dan pengembangan modul ajar. Terutama untuk menyusun tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran (ATP) dan menuangkannya ke dalam bentuk modul. Oleh karena itu, sebagai sumbangsi dosen dalam rangka pelaksanaan tridharma perguruan tinggi (program pengabdian kepada masyarakat) maka   dilaksanakan pendampingan penyusunan e-modul Bahasa Inggris kepada anggota MGMP Bahasa Inggris Kota Makassar. Kegiatan PkM ini akan dilaksanakan dengan menggunakan metode participatory learning and action (PLA). Metode ini merupakan pendekatan pemberdayaan yang berorientasi pada hasil dan mengutamakan proses belajar bersama. Berdasarkan hasil pelaksanaan pendampingan dan wawancara dengan guru-guru peserta pelatihan, semua guru telah memahami komponen dan langkah-langkah penyusunan modul ajar. Adapun luaran dari kegiatan pengabdian ini adalah modul ajar yang dapat langsung digunakan oleh guru-guru di sekolah masing-masing.

References

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam, 5(2), 130-138.

Rahimah, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 92-106.

Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18-27.

Downloads

Published

2024-03-17

How to Cite

Aliah, N. ., & Komuna, A. P. . (2024). PENDAMPINGAN PENYUSUNAN MODUL AJAR UNTUK GURU BAHASA INGGRIS KOTA MAKASSAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 2989–2994. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26717