PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL AJAR SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SMAK MARYO NEKMESE HOINENOPELATIHAN PENYUSUNAN MODUL AJAR SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SMAK MARYO NEKMESE HOINENO

Authors

  • Doni A. L. Liu Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Yandri Y. C. Hendrik Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Maglon F. Banamtuan Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Donal J. J. Biaf Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Talita Tlonaen Institut Agama Kristen Negeri Kupang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19350

Abstract

Guru-guru Sekolah Menengah Agama Kristen Maryo Nekmese Hoineno sejauh ini belum memiliki modul ajar sendiri. Untuk itu, tim pengabdian melakukan survey di sekolah lalu menyepakati dengan pihak sekolah dengan tema pengabdian yakni: pelatihan penyusunan modul ajar sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru di Sekolah Menengah Agama Kristen Maryo Nekmese Hoineno merupakan salah satu langkah dalam mengembangkan kompetensi guru. Metode yang dipakai dalam pelatihan tersebut adalah seminar-workshop dan metode bimbingan teknis individu. Jumlah guru yang mengikuti pelatihan penyusunan modul ajar adalah 12 guru. Tempat pelaksanaan pelatihan ini di aula Sekolah Menengah Agama Kristen Maryo Nekmese Hoineno. Maka hasil yang diperoleh saat melakukan pelatihan adalah: 1). Hasil pretes menunjukkan bahwa hampir semua guru belum mengikuti pelatihan penyusunan modul ajar, guru belum memiliki modul ajar sendiri dan belum mengetahui langkah-langkah penyusunan modul ajar; 2). Hasil posttes menunjukkan bahwa guru-guru sudah memahami seluruh langkah-langkah menyusun modul ajar

References

Ferdawati, F., Meuthia, R. F., Sulastri, R. E., & ... (2022). Bimtek Penyusunan Laporan Arus Kas Untuk Siswa dan Guru Akuntansi SMK Taruna 1 Padang. JAPEPAM, Jurnal

Hary, R. D., & Maulana, I. T. (2019). Upaya Peningkatan Penerapan Ipteks melalui Pelatihan dan Peningkatan Kualitas Guru serta Nilai Tambah Jasa Pelayanan di SLB. In ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian researchgate.net.

Maryam, S., Ningsih, D. N., Sanusi, D., (2022). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Yang Inovatif, Adaptif, Dan Kolaboratif. In JE (Journal of scholar.archive.org.

Mulyasa, H. . (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.

Nurhayati, P., Emilzoli, M., (2022). Peningkatan Keterampilan Penyusunan Modul Ajar Dan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM (Jurnal Masyarakat

Wijaya, I. (2018). Professional teacher: menjadi guru profesional. books.google.com.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Liu, D. A. L. ., Hendrik, Y. Y. C. ., Banamtuan, M. F. ., Biaf, D. J. J. ., & Tlonaen, T. . (2023). PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL AJAR SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SMAK MARYO NEKMESE HOINENOPELATIHAN PENYUSUNAN MODUL AJAR SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SMAK MARYO NEKMESE HOINENO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9565–9572. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19350