PELATIHAN PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGATASI TANTANGAN MORAL DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.26120Keywords:
Pelatihan; Pendidikan Karakter; Era DigitalAbstract
Pelatihan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang pentingnya pendidikan karakter dalam menghadapi tantangan moral di era digital. Dilaksanakan melalui Zoom Cloud Meeting, pelatihan melibatkan dosen dan mahasiswa dari empat provinsi: Pontianak Kalimantan Barat, Medan Sumatera Utara, Jambi, dan Banjarmasin Kalimantan Selatan. Inisiatif ini melibatkan fase persiapan yang komprehensif, termasuk penilaian kebutuhan, desain modul, dan pemilihan narasumber ahli. Pelatihan, diimplementasikan dengan sesi interaktif dan diskusi kelompok, menekankan pada aplikasi praktis nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, etika digital, dan toleransi. Pendekatan kolaboratif antarprovinsi memfasilitasi perspektif yang beragam terhadap tantangan moral setempat. Hasil yang diharapkan mencakup pemahaman yang mendalam, implementasi nilai-nilai karakter yang sukses, kolaborasi antarprovinsi, penyebaran positif nilai-nilai, dan dampak berkelanjutan pada perilaku. Proyek ini berkontribusi pada pembentukan generasi yang mampu menjelajahi lanskap digital secara etis.References
Ilmi, A. R. M., Junaidi, A., Yusnanto, T., Kase, E. B., Safar, M., & Sari, M. N. (2024). BELAJAR DI ERA DIGITAL: MEMAHAMI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN SUMBER BELAJAR ONLINE. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 782-789.
Kasingku, J., & Sanger, A. H. F. (2023). Pengaruh pendidikan karakter terhadap moralitas remaja di era digital. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 6096-6110.
Mustoip, S. (2023). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Sekolah Dasar di Era Digital. EduBase: Journal of Basic Education, 4(2), 284-291.
Pratama, E. Y., Tahalele, O., Cahyono, D., Franchisca, S., Rohani, T., & Sari, M. N. (2024). PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS GAME PADA PENDIDIKAN TINGGI: MENINGKATKAN KETERLIBATAN DAN MOTIVASI MAHASISWA. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1602-1607.
Sagala, K., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Tantangan Pendidikan karakter di era digital. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 6(01), 1-8.
Sari, M. N. (2021). SHAPING YOUNG LEARNERS’CHARACTER THROUGH TEACHER QUESTIONING IN ENGLISH CLASSROOM ACTIVITIES. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(1), 14-19.
Sari, M. N., & Ningsih, P. E. A. (2023a). Pengajaran Bahasa Inggris Terhadap Siswa Sekolah Dasar dengan Menggunakan Video Animasi. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 4(3), 628-636.
Sari, M. N., & Ningsih, P. E. A. (2023b). Pengajaran Bahasa Inggris Terhadap Siswa Sekolah Dasar dengan Menggunakan Video Animasi. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 4(3), 628-636.
Sari, M., Ningsih, P. E. A., Saswandi, T., & Ihsan, R. (2022). Penulisan Abstrak Berbahasa Inggris untuk Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 3(4), 435-441.
Shofi, A. R. N. (2023). Pendidikan karakter dalam mengatasi tantangan moral dalam dunia pendidikan kontemporer. Maliki Interdisciplinary Journal, 1(4).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Karsim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.