PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PENULISAN ARTIKEL ILMIAH

Authors

  • Jusak Patty Universitas Pattimura
  • Stella Rose Que Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20437

Keywords:

Keterampilan Menulis, Artikel Ilmiah, Kecerdasan Buatan (AI), Guru Bahasa Inggris, Pendidikan.

Abstract

Keterampilan menulis memiliki peran krusial dalam berkomunikasi dan menyebarkan pengetahuan. Guru-guru Bahasa Inggris di Kabupaten Kepulauan Aru menghadapi tantangan dalam menulis artikel ilmiah, seperti ketidakpastian tata bahasa dan kurangnya pengetahuan teknis. Pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) menjadi solusi yang menjanjikan, memungkinkan guru-guru untuk mengatasi kendala teknis dan meningkatkan kualitas penulisan mereka. Pelatihan intensif dilakukan, dengan fokus pada teknik penulisan, tata bahasa, dan penggunaan AI. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan guru-guru dalam menulis artikel ilmiah. Mereka juga semakin aktif dalam mempublikasikan hasil penelitian mereka, berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan di tingkat lokal dan nasional. Pelatihan ini menegaskan perlunya monitoring dan evaluasi berkelanjutan untuk memastikan pengembangan kemampuan guru dan pemanfaatan AI yang efektif dalam penulisan artikel ilmiah. Dengan demikian, pelatihan ini membuka pintu bagi peningkatan kualitas pendidikan dan perkembangan ilmu pengetahuan di wilayah ini.

References

Karyadi, B. (2023). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Dalam Mendukung Pembelajaran Mandiri. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(02), 253-258.

Munawar, Z., Soerjono, H., Putri, N. I., & Dwijayanti, A. (2023). Manfaat Kecerdasan Buatan ChatGPT Untuk Membantu Penulisan Ilmiah. TEMATIK, 10(1), 54-60.

Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1).

Perdana, A. L. (2020, September). pelaksanaan monitoring dan evaluasi (MONEV) terhadap kinerja guru di SMAN 16 Gowa. In Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains dan Teknologi (Vol. 1, pp. 44-44).

Rintaningrum, R. (2015). Mengapa guru tidak menulis karya ilmiah: Perspektif guru. In Seminar Nasional ‘Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Dalam Perspektif Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Usra, M., Hartati, H., & Destriani, D. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Sekolah Menengah Atas. Seminar Nasional Pendidikan 2018.

Zulfika, I. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah. Jurnal IPMAS, 1(2), 83-89.

Downloads

Published

2023-10-28

How to Cite

Patty, J. ., & Que, S. R. . (2023). PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PENULISAN ARTIKEL ILMIAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9318–9322. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20437

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.