SOSIALISASI PENTINGNYA DIGITAL MARKETING BAGI WIRAUSAHA PEREMPUAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25125Keywords:
Digital Marketing, Wirausaha, PerempuanAbstract
Minimnya pengetahuan ibu-ibu tentang penjualan berbasis online serta bagaimana strategi memasarkan produk melalui platform digital. Sejauh ini pelaku wirausaha perempuan di desa Jatirejo dalam penjualannya sebatas menggunakan story whatsapp, sehingga keuntungan yang dimiliki masih tergolong rendah. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan dan memberikan pengetahuan tentang pemasaran produk secara digital. Selain itu, diharapkan kegiatan ini juga dapat membantu pelaku wirausaha perempuan rumahan dalam memperluas pasar mereka, termasuk pasar nasional dan internasional. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah melalui pelatihan yang meliputi tahap persiapan yaitu melakukan observasi wilayah dan wawancara kepada Perangkat Desa Jatirejo untuk menggali informasi tentang permasalahan yang dihadapi oleh pelaku wirausaha perempuan di Desa Jatirejo, Kegiatan Sosialisasi kegiatan dengan cakupan materi berupa pengenalan pemasaran digital mulai dari teknik pemasaran digital dari penggunaan media sosial hingga membuka toko online. Materi yang disampaikan menggunakan Bahasa sederhana dan contoh yang mudah di pahami oleh peserta. Selanjutnya dibuka tanya jawab untuk memastikan penerimaan materi sosialisasi ini. Peserta aktif berpartisipasi sejak awal kegiatan sehingga mereka dapat langsung mempraktekkan cara menggunakan aplikasi digital untuk memasarkan prosuk mereka. Tahap terakhir Monitoring dan evaluasi berupa pengawasan account media social yang telah digunakan, apakah para pelaku usaha wirausaha Perempuan ini betul-betul mengaplikasikan dari pelatihan dan pendampingan yang telah dilakukan. Dengan mengikuti kegiatan sosialisasi ini diharapkan Masyarakat desa Jatirejo dapat meningkatkan pemasaran produk mereka melalu digital marketing.References
Bayu, Dimas Jarot (2022). Nov,30. Data boks. Kata data. co.id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/30/survei-google-49-perempuan-indonesia-telah-berwirausaha
Desai, V., & Vidyapeeth, B. (2019). Digital marketing: A review. International Journal of Trend in Scientific Research and Development, 5(5), 196-200.
Primadhita, Y., Budiningsih, S., & Primatami, A. (2018). Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap keputusan perempuan berwirausaha. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 161–167.https://doi.org/10.33370/jpw.v20i3.229
Primadhita, Y., Primatami, A., & Budiningsih, S. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi perempuan berwirausaha online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 21(2), 81–90. https://doi.org/10.33370/jpw.v21i2.322
Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 1. https://doi.org/10.30595/jppm.v4i1.4655
Rahayu, F. P., Paselle, E., & Khaerani, T. R. (2021). Pelaksanaan Pelayanan Perizinan Berusaha Online Single Submission (OSS) Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Samarinda. EJournal Administrasi Publik, 9(2),5018–5032.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rita Nataliawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.