STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DAN WIRAUSAHA

Authors

  • I Wayan Sujana Universitas Muhammadiyah Buton
  • Ernawati Malik Universitas Muhammadiyah Buton
  • Wa Ode Al Zarliani Universitas Muhammadiyah Buton
  • Erdin Sapuitra Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.19732

Keywords:

Strategi, Bisnis, Wirausaha

Abstract

Kewirausahaan identik dengan Wirausahawan dan wirausaha adalah orang-orang yang mampu mengidentifikasi dan menangkap peluang, mengumpulkan sumber daya yang diperlukan untuk memanfaatkan dan mencapai kesuksesan. Pengembangan kewirausahaan merupakan tujuan setiap daerah. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada pelaku usaha mengenai strategi pengembangan bisnis dan wirausaha di kabupaten Buton. Strategi yang perlu dilakukan adalah kesinambungan pelatihan kewirausahaan dan pendampingan berkaitan dengan pelatihan design, packaging, inovasi serta kualitas produk, izin edar produk, serta penggunaan media online guna memaksimalkan strategi pemasaran. bagi pelaku usaha atau calon pelaku usaha dalam mengasah keahlian dan skill agar bisa dimanfaatkan untuk berwirausaha. Hal ini akan memberikan efek yang besar terhadap masa depan dan pola perilaku mereka di lingkungannya. Secara lebih spesifik permasalahan dari pelaku usaha yang ada ini antara lain diversifikasi prosuk masih rendah, modal yang sangat terbatas, kurangnya inovasi, dan belum mampu mengambil peluang perkembangan teknologi infomasi berkaitan dengan tekhnik pemasaran.    

References

Abdul Hafiz Ihza Mahendra, & Asmawi. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Industri Kecil Gantra Betta Fish Tulungagung Dalam Perspektif Swot Dan Bmc. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(4), 322–332. https://doi.org/10.53625/juremi.v1i4.749

Alimudin, A. (2017). Strategi Pengembangan Minat Wirausaha Melalui Proses Pembelajaran. Manajemen Kinerja, 1–13. Retrieved from https://www.academia.edu/download/79636547/250.pdf

Andriyanto, I. dan I. (2017). ANAlISIS SWOT DAlAm PeNgemBANgAN BISNIS (Studi pada Sentra Jenang di Desa Wisata Kaliputu Kudus). BISNIS, 5(2). https://doi.org/10.1007/978-3-319-68198-6_3

Indrayani, L., Bambang Permadi, W., Ulfah Arini, D., & Amin, P. (2021). Menciptakan wirausaha milenial dalam pelatihan strategi perencanaan bisnis. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 95–104. Retrieved from https://doi.org/10.31537/dedication.v5i1.444

Mopangga, H. (2015). Trikonomika. Trikonomika, 14(1), 13–24. Retrieved from http://www.journal.unpas.ac.id/index.php/trikonomika/article/view/587

Nasution, R. U. (2022). Strategi Memulai Bisnis Baru dalam Berwirausaha. JURNAL SYNTAX IMPERATIF?: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(3), 163. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i3.164

Ningrum, H. Y. W., & Madjakusumah, D. G. (2022). Strategi Pengembangan Bisnis Menurut Persfektif Ekonomi Islam Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan pada Home Industry X di Caringin Kecamatan Y. Jurnal Riset Perbankan Syariah, 29–34.

Nurseto, T. (2012). Strategi Menumbuhkan Wirausaha Kecil Menengah yang Tangguh. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/jep.v1i1.675

Rusmadi Idrus. (2020). Optimalisasi Pengelolaan Informasi Potensi Industri Daerah Berbasis Blog Pada Dinas Perindustrian Kabupaten Buton. Badan Pengambangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Tenggara.

Suhardini, D., & Rizki, D. J. (2014). Strategi Pengembangan Bisnis Garment Di Cv. M2Tech. Jurnal Teknik Industri, 4(3). https://doi.org/10.25105/jti.v4i3.1514

Suryadi, D. (2018). Peran dan Strategi Perkembangan Kewirausahaan dan Tantangannya Dalam Menghadapi Perekonomian di Masa Yang Akan Datang. Jurnal Universitas Bale Bandung, (April), 1–14.

Downloads

Published

2023-11-13

How to Cite

Sujana, I. W., Malik, E., Zarliani , W. O. A. ., & Sapuitra, E. . (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DAN WIRAUSAHA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 9963–9966. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.19732