AKSELERASI PENINGKATAN KAPASITAS PENGELOLAAN USAHA BAGI PELAKU UMKM DESA BARENGKOK KECAMATAN KIBIN KABUPATEN SERANG, BANTEN

Authors

  • Ende Ende Universitas Bina Bangsa
  • Rega Haikal Universitas Bina Bangsa
  • Atia Atia Universitas Bina Bangsa
  • Muhamad Fikri Bagus Darmawan Universitas Bina Bangsa
  • Atikoh Ardana Universitas Bina Bangsa
  • Yana Suryana Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19130

Keywords:

Kapasitas Pengelolaan Usaha, Inovasi Produk, Pemasaran Digital, Pengelolaan Keuangan, Kinerja UMKM

Abstract

Desa Barengkok merupakan satu-satunya desa di kecamatan Kibin yang wilayahnya diberada di Kawasan Industri sehingga tidak heran apabila mayoritas penduduk memperoleh penghasilan dari bekerja di pabrik-pabrik disekitar desa. Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di desa ini menghadapi berbagai kendala seperti sedikitnya variasi produk, kemasan tidak menarik, pemasaran hanya mengandalkan sistem titip ke warung-warung, serta pengelolaan keuangan yang tidak sistematis. Oleh karena itu diperlukan tindakan pendampingan berupa edukasi kepada para pelaku UMKM. Tujuan pendampingan ini adalah untuk meningkatkan kinerja UMKM melalui pemberian edukasi terkait inovasi produk, pemasaran digital, dan manajemen keuangan. Metode pelaksanaan menggunakan metode ceramah dan diskusi oleh dua orang pemateri. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Aula Kantor Desa Barengkok, Kecamatan Kibin yang diikuti oleh sebanyak 15 peserta. Kegiatan pendampingan berjalan dengan efektif dan berdampak baik. Terdapat peningakatan pengetahuan yang sangat pesat berkaitan dengan penciptaan daya saing produk dan pengelolaan keuangan.

References

Ariza, Q. (2020). Analisis Strategi Dengan Metode Swot Dan Qspm (Quantitative Strategic Planning Matrix): Studi Kasus Pada D’gruz Caffe Di Kecamatan Bluto Sumenep. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 231–239.

Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Umkm Berbasis Teknologi Di Kelurahan Plamongansari Semarang. Semar (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 92. Https://Doi.Org/10.20961/Semar.V11i1.57610

Darwanto. (2013). Peningkatan Daya Saing Umkm Berbasis Inovasi Dan Kreativitas. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 20(2), 142–149.

Deva Ariyani, Slamet Bambang Riono, & Hendri Sucipto. (2022). Pelatihan Branding Equity Untuk Membangun Brand Image Pada Pelaku Umkm Di Desa Ciawi Dalam Meningkatkan Daya Jual. Kreatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(3), 100–106. Https://Doi.Org/10.55606/Kreatif.V2i3.493

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jmd: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. Https://Doi.Org/10.26533/Jmd.V1i2.175

Febriyantoro, M. T., Harris, I., Sundiman, D., Pradana, M. R., & Lestari, E. (2019). Pelatihan Kewirausahaan Dan Peningkatan Kualitas Manajemen Dan Tata Kelola Keuangan Bagi Pelaku Umkm Di Lingkungan Pkk Tiban Global Batam. Jurnal Abdimas Bsi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 271–279. Https://Doi.Org/10.31294/Jabdimas.V2i2.5981

Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku Umkm Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1–13. Https://Doi.Org/10.21831/Diklus.V5i1.37122

Hamidi, D. Z., Ginanjar, N. S., & Deni, A. (2023). Optimalisasi Manajemen Umkm Melalui Pendampingan Dan Pelatihan Pengabdian Pada Masyarakat. 2(03), 206–212.

Handayani, T., Sidiq, F., & Nur, S. (2021). Upaya Pengembangan Umkm Melalui Pengelolaan Manajemen Pada Umkm Konveksi Mutiara. Jamu?: Jurnal Abdi Masyarakat Umus, 1(02), 44–51. Https://Doi.Org/10.46772/Jamu.V1i02.349

Hardilawati, W. L. (2021). Strategi Bertahan Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19. Governabilitas (Jurnal Ilmu Pemerintahan Semesta), 2(2), 154–168. Https://Doi.Org/10.47431/Governabilitas.V2i2.117

Hasanah, M., Sari, R., Azizah, Mah, Mega Puspita, P., & Factur Risa, N. (2022). Pelatihan Penerapan Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm Di Desa. Journal Of Character Education Society), 5(4), 163–170. Http://Journal.Ummat.Ac.Id/Index.Php/Jceshttps://Doi.Org/10.31764/Jces.V3i1.10941https://Doi.Org/10.31764/Jces.V3i1.Xxx

Jamil, M., Mutmainnah, D., & Azizah, M. (2022). Pendampingan Manajemen Usaha Dan Manajemen Keuangan Pada Umkm Bakul Kembang Official Kelurahan Kedurus Kecamatan Karang Pilang Kota Surabaya. Share “Sharing - Action - Reflection”, 8(2), 196–207. Https://Doi.Org/10.9744/Share.8.2.196-207

Kamil, I., Bakri, A. A., Salingkat, S., Ardenny, A., Tahirs, J. P., & Alfiana, A. (2022). Pendampingan Umkm Melalui Pemanfaatan Digital Marketing Pada Platform E-Commerce. Amalee: Indonesian Journal Of Community Research And Engagement, 3(2), 517–526.

Layyinaturrobaniyah, & Muizu, W. O. Z. (2017). Pendampingan Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro Di Desa Purwadadi Barat Dan Pasirbungur Kabupaten Subang. Jurnal Pekbis, 9(2), 91–103.

Madiun, K., Maruti, E. S., Sulifah, A., Darmawan, N., & Izza, M. Y. (2022). Pendampingan Manajemen Produk Pada Pelaku Umkm Di Desa. 1(November), 40–47.

Maydiantoro, A., Sampurna Jaya, M. T. B., Hestiningtyas3, W., & Rahmawati. (2021). Pendampingan Umkm Menuju Digitalisasi Marketing Upaya Kebangkitan Di Era New Normal. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 4, 1530–1539.

Perguna, L. A., Imamul Huda Al Siddiq, & Irawan. (2019). Desa Membangun Umkm: Pendampingan Umkm Berbasis Village Driven Development Dalam Penguatan Ekonomi Warga Di Desa Gogodeso Kabupaten Blitar. Engagement?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 217–230. Https://Doi.Org/10.29062/Engagement.V3i2.62

Putra, A. H. (2018). Peran Umkm Dalam Pembangunan Dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2). Https://Doi.Org/10.20961/Jas.V5i2.18162

Quthbi, Z. H., Safiq, M. Y., Fatmiwati, N., Hasmi, N., Zinnuraini, M., Rahmah, H., & Hafiz, M. (2023). Pendampingan Umkm Dalam Peningkatan Pendapatan Masyarakat Desa Sajang Kecamatan Sembalun. 2(1), 32–37.

Radyanto, M. R., & Prihastono, E. (2020). Pengembangan Sistem Pendampingan Usaha Berkelanjutan Bagi Umkm Berbasis Sistem Manajemen Kinerja. Opsi, 13(1), 17. Https://Doi.Org/10.31315/Opsi.V13i1.3467

Rahmi, M. (2021). Pelatihan Manajemen Usaha Dalam Meningkatkan Usaha Umkm Kuliner. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 1(1), 16–22. Https://Doi.Org/10.59818/Jpm.V1i1.29

Ria, & Digdowiseiso, K. (2023). Pendampingan Kewirausahaan Bagi Pelaku Umkm Di Kelurahan Jakamulya Kota Bekasi. Amalee: Indonesian Journal Of Community Research And Engagement, 4(2), 469–477. Https://Doi.Org/10.37680/Amalee.V4i2.2792

Riyanto, S., Azis, M. N. L., & Putera, A. R. (2022). Pendampingan Umkm Dalam Penggunaan Digital Marketing Pada Komunitas Umkm Di Kabupaten Madiun. Jurnal Abdimas Bsi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 137–142. Https://Doi.Org/10.31294/Jabdimas.V5i1.11534

Rofieq, M. R., Permatasari, D. P., & Farida, L. F. (2018). Model Pendampingan Umkm Bidang Kerajinan Menjadi Start-Up Sukses Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 3(2), 1–8. Https://Doi.Org/10.26905/Abdimas.V3i2.2585

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). Umkm Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal Rep (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. Https://Doi.Org/10.31002/Rep.V4i2.1952

Setyorini, C. T., & Susilowati, D. (2019). Pendampingan Umkm Batik Dalam Mengoptimalkan Nilai Tambah Umkm Melalui Pelatihan Pembuatan Motif Batik Khas Purbalingga. Darma Sabha Cendekia, 1(1), 54. Https://Doi.Org/10.20884/1.Dsc.2019.1.1.2191

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala?: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36. Https://Doi.Org/10.24198/Sawala.V1i2.26588

Sutoni, A., & Randany, M. R. (2020). Pendampingan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Meningkatkan Kualitas Produk Di Desa Rancagoong, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur. Ikra-Ith Abdimas, 4(2), 127–134. Https://Journals.Upi-Yai.Ac.Id/Index.Php/Ikraith-Abdimas/Article/Download/991/781

Yuniarti, A., Nurwana, A., Jamaluddin, A., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Dharma, T. (2023). Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku Umkm Di Kelurahan Pammana Kabupaten Wajo 1,2. 2(1), 34–40.

Downloads

Published

2023-09-21

How to Cite

Ende, E., Haikal, R. ., Atia, A., Darmawan, M. F. B. ., Ardana, A., & Suryana, Y. . (2023). AKSELERASI PENINGKATAN KAPASITAS PENGELOLAAN USAHA BAGI PELAKU UMKM DESA BARENGKOK KECAMATAN KIBIN KABUPATEN SERANG, BANTEN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7621–7627. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19130

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.