SOSIALISASI PEMASARAN HASIL PETERNAKAN SECARA DIGITAL DI DESA TAPUS, SUMATERA SELATAN

Authors

  • Devi Sapira Universitas Indo Global Mandiri
  • Shelfi Wulandari Universitas Indo Global Mandiri
  • Zara Barika Universitas Indo Global Mandiri
  • Putri Septia Margareta Universitas Indo Global Mandiri
  • Shafiera Lazuarni Universitas Indo Global Mandiri
  • Roswaty Roswaty Universitas Indo Global Mandiri
  • Lili Syafitri Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19022

Keywords:

Pemasaran Digital, Pemasaran, Peternakan

Abstract

Di era modern saat ini, perkembangan teknologi telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia.Salah satu perubahan signifikan yang dapat dilihat adalah bagaimana pemasaran hasil peternakan mengalami transformasi melalui penggunaan platform digital. Desa Tapus, Kecamatan Lembak,Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan yang dikenal memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah khususnya pada bidang Peternakan. Dengan latar belakang agraris dan lingkungan yang cocok, peternakan hewan seperti sapi dan ayam dapat dikembangkan secara berkelanjutan di Desa Tapus. Meskipun Desa Tapus memiliki kekayaan hasil peternakan yang melimpah, praktik pemasaran yang masih mengandalkan jalur konvensional, seperti pasar lokal, menimbulkan beberapa kendala yang dapat membatasi pertumbuhan ekonomi dan akses pasar yang lebih luas. Maka dengan diadakannya pelaksanaan KKN-Tematik Universitas Indo Global Mandiri ini, kami sebagai MahasiswaFakultas Ekonomi bertujuan untuk melakukan monitoring Digital Marketing melalui Sosialisasi Pemasaran Hasil Peternakan Secara Digital. Agar Masyarakat Desa Tapus dapat mengenal lebih jauhtentang Digital Marketing untuk meningkatkan keuntungan dan mencapai pasar sasaran yang lebih luas. Lalu kami sebagai mahasiswa berharap dapat membantu Masyarakat Desa Tapus khususnya Peternak dalam memasarkan hasil produknya.

References

Devi Maulidasari, C., & Setiyana, R. (2020).

Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM). Darma Bakti Teuku Umar [email protected], 2(1).

Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., Heriyanto, & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34–39. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i 1.147

Liesvarastantra Tsani, K., Samsudin, A., & Timur, J. (2023). Penerapan Sosialisasi Digital Marketing Guna Meningkatkan Penjualan di Kelurahan Bendogerit Implementation of Digital Marketing Socialization to Increase Sales in Bendogerit Village. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara (JMMN), 2(3), 102–

https://doi.org/10.58374/jmmn.v2i3.176

Rusmanah, E., Wibowo Irawan, A., & Andria,

F. (n.d.). Implementasi Digital Marketing Guna Peningkatan Peluang Pasar Produksi Hasil Ternak Puyuh Masyarakat Desa Galuga. www.slideshare.net/wearesocialsg/digital -in-2018-southeast-asia Widyakto, A., & Tri Widyarti, E. (2021).

Strategi Pemasaran Digital Peternakan Pada Produk Susu Perah Sapi (Studi Kasus?: CV Langgeng Tani Makmur). Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 19(2), 128–140.

Fransiska, Dinda et al. 2023. “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan E-Commerce.” Jurnal PROSISKO 10(1).

Januari, No et al. 2023. “JNB?: Jurnal Nusantara Berbakti Pendampingan Pemasaran Produk UMKM Memanfaatkan Media Sosial Instagram Dan Tiktok UMKM Product Marketing Assistance Utilizing

Social Media Instagram and Tiktok.” 1(1): 88–94.

Susanto, Ajib et al. 2020. “Implementasi Facebook Marketplace Untuk Produk UMKM Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Dan Penjualan Online.” Abdimasku?: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(1): 42.

Downloads

Published

2023-09-18

How to Cite

Sapira, D. ., Wulandari, S. ., Barika, Z. ., Margareta, P. S. ., Lazuarni, S. ., Roswaty, R., & Syafitri, L. . (2023). SOSIALISASI PEMASARAN HASIL PETERNAKAN SECARA DIGITAL DI DESA TAPUS, SUMATERA SELATAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7472–7478. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19022

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.