PENGEMBANGAN PRODUKTIVITAS KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA DI ERA DIGITAL

Authors

  • Rizky Fatmawati STAI Al-Ishlahiyah Binjai
  • Nur Mutiah UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18885

Keywords:

Produktivitas; Era Digital; Wirausaha; Mahasiswa

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengembangkan produktivitas kewirausahaan mahasiswa di era digital. Metode pelaksanaannya meliputi : 1. Pengajuan izin: izin pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat kepada pihak terkait. 2. Melakukan koordinasi:  penyampaian ide dan konsep dengan pihak-pihak terkait. Ide ataupun konsep didiskusikan dan dirancang sedemikian rupa, agar antar materi tersebut dapat tersampaikan sesuai rencana. 3. Penyusunan jadwal: Jadwal disusun berdasarkan kebutuhan yang ada agar tidak terjadi tumpah tindih antar bagian acara. 4. Pelatihan kewirausahaan. Pelatihan terdiri dari beberapa tahapan diantaranya: Penyampaian materi, tanya jawab kemudian pendampingan praktik. Kesimpulan dari pengabdian masyarakat ini adalah: 1. Kewirausahaan harus diawali dengan mindset yang benar tentang pentingnya berwirausaha. 2. Mengembangkan produktivitas kewirausahaan adalah sebuah keharusan di zaman sekarang. 3. Mampu Mendigitalisasi usaha. 4. Pengaplikasian pada alat digital untuk mendigitalisasi kewirausahaan.

References

Fadhilaturrahmi, F. (2018). Lingkungan Belajar Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(2), 61–69.

Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Haqimurosyad, A. I., Iswara, P. D., & Aeni, A. N. (2017). Penerapan Teknik Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Pada Materi Cerita Peristiwa. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 101–110.

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88.

Mamluah, S. K., & Maulidi, A. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 869–877.

Meliyanti, Raraswati, P., Hidayat, D. N., & Aryanto, S. (2021). Kajian Literatur: Perkembangan Literasi Dan Numerasi Di Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6504–6512.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). No TitleLiterasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15.

Qasim, K., & A. (2015). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Smp Negeri Di Kabupaten Buton Utara. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(3), 84–85.

Rosita, D. A., & Damayanti, R. (2021). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Perintis Pada Sekolah Dasar Terdampak Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 42–49.

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164.

Downloads

Published

2023-09-15

How to Cite

Fatmawati, R. ., & Mutiah, N. . (2023). PENGEMBANGAN PRODUKTIVITAS KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA DI ERA DIGITAL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7368–7372. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18885