PERAN DIGITALISASI DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF MASYARAKAT (STUDI DI DESA SUMBERREJO KECAMATAN BATANGHARI, KABUPATEN LAMPUNG TIMUR)

Authors

  • Arif Ismunandar STIS Darusy Syafa’ah Lampung Tengah
  • Muhamad Ibnu Afrelian STIS Darusy Syafa’ah Lampung Tengah
  • Muhammad Farid Zulkarnain STIS Darusy Syafa’ah Lampung Tengah

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17457

Keywords:

Digitalisasi, Ekonomi Kreatif, Masyarakat

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat telah dilakukan dengan baik dan berjalan dengan lancar karena adanya kerjasama dengan para pengusaha di desa sumberrejo. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi monitoring, evaluasi.dan pendampingan. Selain itu, beberapa jenis usaha yang dilakukan oleh warga desa dengan menerapkan akses digital melalui media sosial, salah satunya menggunakan media facebook, instagram, live shopee, youtube dan akun bisnis WhatsAap. Media-media ini menjadi platform masyarakat desa sumberrejo dalam meningkatkan hasil penjualan dan promosi. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan ini memunculkan ide pemasaran usaha sebagai bagian ekonomi kreatif di desa sumberrejo, manfaat lain untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dari hasil usaha yang dijalankan.

References

Ambar Teguh Sulistiyani. (2004). Kemitraan dan Model-model Pemberdayaan, Yogyakarta: Gava Media.

Arif Ismunanadar. (2023). Meretas Nilai Ekonomi Masyarakat melalui BUMDES (Studi Kasus di Desa Telogorejo, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur), Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Malikussaleh, Vol. 6 (1), 2023. DOI: https://doi.org/10.29103/jimfh.v6i1.10435

Buchari Alma. (2009). Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta.

Hassan Hanafi. (2003). Dari Akida Ke Revolusi Sikap Kita terhadap Tradisi Lama, Jakarta: Dian Rakyat.

Kasmir. (2014). Kewirausahaan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, (2021). Terjaganya Pertumbuhan Ekonomi dan Terkendalinya Pandemi Covid-19 Menjadi Bukti Tepatnya Kebijakan dan Program Pemerintah, dalam https://ekon.go.id/publikasi/detail/3388/terjaganya-pertumbuhan-ekonomi-dan-terkendalinya-pandemi-covid-19-menjadi-bukti-tepatnya-kebijakan-dan-program-pemerintah, Diakses Tanggal 10 Juni 2023.

Kusnandar. (2013). Perspektif Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Komoditas Pertanian di Pedesaan In Seminar Nasional “Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Komoditas Pertanian di Indonesia”. Surakarta: Fakultas Pertanian, Universitas Negri Sebelas Maret.

Mardalis. (1999). Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara.

Media Indonesia, 140 Juta Pengguna Media Sosial di Indonesia Aktif Selama Pandemi, sumber https://mediaindonesia.com/humaniora/386622/140-juta-pengguna-media-sosial-di-indonesia-aktif-selama-pandemi, Diakses Tanggal 10 Juni 2023.

Oos M. Anwar. (2013). Pemberdayaan Masyarakat Pada Era Globalisasi, Bandung: Alfabeta.

Ulber Silalahi. (2010). Metode Penelitian Sosial, Bandung: PT. Refika Aditama.

Saiman, L. (2014). Kewirausahaan: Teori Praktik dan Kasus-kasus (Ed. 2) Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Ismunandar, A. ., Afrelian, M. I. ., & Zulkarnain, M. F. . (2023). PERAN DIGITALISASI DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF MASYARAKAT (STUDI DI DESA SUMBERREJO KECAMATAN BATANGHARI, KABUPATEN LAMPUNG TIMUR). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 5686–5685. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17457

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.