STRATEGI PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN USAHA MASYARAKAT DI DESA LILIBOOI

Authors

  • Gerrit. M. Pentury Universitas Pattimura
  • Agustina Risambessy Universitas Pattimura
  • Asiani Sijabat Universitas Pattimura
  • Ferdy Leuhery Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15599

Keywords:

Strategi Pemberdayaan, Sumber Daya Manusia, Meningkatkan Usaha Masyarakat.

Abstract

Memberdayakan masyarakat merupakan upaya strategi memerangi kemiskinan dan ketimpangan serta mendorong masyarakat untuk lebih aktif lagi. Sementara pemberdayaan adalah suatu proses yang mengubah individu menjadi cukup kuat untuk berpartisipasi dalam berbagai kontrol atas berbagai usaha yang mempengaruhi kehidupannya. Individu yang berpartisipasi dalam proses pemberdayaan memperoleh keterampilan, pengetahuan sehingga dapat mempengaruhi kehidupannya. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penguatan bagi pelaku usaha di Desa Lilibooi Kabupaten Maluku Tengah tentang pentignya strategi SDM dan upaya meningkatkan usaha masyarakat. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan atau ceramah bagi 20 pelaku usaha yang bertujuan meningkatkan pemahaman serta kesadaran para pelaku usaha. Hasil dari pengabdian ini adalah terserapnya pengetahuan dan ketrampilan dari pelaku usaha melalui materi yang dipahami berupa strategi pemberdayaan sehingga pelaku usaha dalam menggunakan strategi secara lebih baik dan berusaha meningkatkan kualitas dalam mengelola, mengembangkan usaha di Desa Lilibooi Kabupaten Maluku Tengah.

References

Ester Esti Kunda, Kisworo, Timothy Wherrett. 2022. Strategi Pengembangan Ekowisata Berbasis Masyarakat Lokal Di Desa Liliboi, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. MAKILA: Jurnal Penelitian Kehutanan Volume 16, Nomor 1 (44-59).

Hutomo, M.Y. 2000. Pemberdayaan Masyarakat dalam Bidang Ekonomi: Tinjauan Teoritik dan Implementasi. Jakarta: Bappenas.

Mardikanto, Totok dan Soebiato, Poerwoko. 2012. Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Alfabeta.

Martono, T., & Riyanto, G. 2017. Analisis Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Modal Sosial Dan Modal Finansial Terhadap Kinerja Umkm Bidang Garmen Di Kabupaten Klaten.

Mubyarto. 1997. Ekonomi Rakyat, Program IDT dan Demokrasi Ekonomi Indonesia, Yogyakarta: Aditya Media, 136.

Nabawi, N., & Basuki, B. 2022. Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Modal Usaha Pengaruhnya Terhadap Pengembangan Usaha Umkm. AL-ULUM?: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora,

Rusli, Zaili, dkk. 2012. Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Program Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP). Pekanbaru: Universitas Riau.

Soetomo. 2014. Kesejahteraan dan Upaya Mewujudkannya dalam Perspektif Masyarakat Lokal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suharto Edi, 2017. Membangun masyarakat memberdayakan rakyat : kajian strategis pembangunan kesejahteraan sosial dan pekerjaan social. Penerbit Refika Aditama Bandung.

Sulistiogo, A. 2019. Kinerja UMKM: Dampak Kualitas SDM Dan Akses Informasi Terhadap Akses Permodalan. Jurnal Ekonomi Dan Akuntansi, 3(2), 1–11.

Widjaja, Y. R., Alamsyah, D. P., Rohaeni, H., & Sukajie, B. (2018). Peranan Kompetensi SDM UMKM Dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor, Sumedang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 465–476.

Zubaedi. 2007. Wacana Pembangunan Alternatif: Ragam Perspektif Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Ar Ruzz Media Group.

Downloads

Published

2023-06-19 — Updated on 2023-06-19

How to Cite

Pentury, G. M. ., Risambessy, A. ., Sijabat, A., & Leuhery, F. . (2023). STRATEGI PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN USAHA MASYARAKAT DI DESA LILIBOOI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3854–3859. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15599