SOSIALISASI PENTINGNYA MENJAGA DIRI BAGI ANAK-ANAK DI RUMAH YATIM DAN DHU’AFA BAITURROSUL TIMIKA

Authors

  • Ignasius Narew STIE Jambatan Bulan
  • Longginus Gelatan STIE Jambatan Bulan
  • Rizal Tomu STIE Jambatan Bulan
  • Divina Everista Bemu STIE Jambatan Bulan
  • Dilla Niamy Rezkina STIE Jambatan Bulan

Keywords:

Menjaga Diri

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak di Rumah Yatim dan Dhu’afa Baiturrosul Timika tentang pentingnya menjaga diri karena “saya berharga”. Kegiatan ini diperuntukkan bagi seluruh anak-anak yang berada di Rumah Yatim dan Dhu’afa Baiturrosul Timika melalui sosialisasi pentingnya menjaga diri karena “saya berharga”. Seluruh kegiatan adalah hasil kerjasama dosen pembimbing dan mahasiswa prodi akuntansi STIE Jambatan Bulan dengan anak-anak yang berada di Rumah Yatim dan Dhu’afa Baiturrosul Timika. Kegiatan sosialisasi tersebut mendapat respon yang sangat baik dari anak-anak yang berada di Rumah Yatim dan Dhu’afa Baiturrosul Timika, hal ini terlihat dari anak-anak yang sangat memperhatikan penjelasan pemateri sehingga saat diberi pertanyaan mereka mampu menjawab dengan baik dan benar.

References

Diningsih, Adelia. (2022). Pengaruh Parenting Education Terhadap Persepsi Orang Tua Mengenai Edukasi Seksual Dini Pada Anak Usia Dini Di Desa Kotabaru Selatan Kecamatan Martapura Oku Timur Sumatera Selatan. Repositori Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Hakim, Lukmanul Teo. (2018). Kelayakan KIT Fasilitator Sebagai Media Komunikasi Informasi Dan Edukasi (KIE) Dalam Upaya Pencegahan Terhadap Pedofilia Bagi Siswa Sekolah Dasar (SD). Repositori Universitas Jember.

Handayani, Septitita. Murwati. Pebriani, Emi. Suyanto, Jipri. (2017). Edukasi Pengenalan Seks Dini Pada Komunitas Anak Di Rumah Singgah Kota Bengkulu. Jurnal Dehasen Untuk Negeri. Vol 3, Januari 2023.

Hidayati, Nur. (2014). Perlindungan Anak Terhadap Kejahatan Kekerasan Seksual (Pedofilia). Ragam Jurnal Pengembangan Humaniora. Vol 1, 2014.

Hikmah, Siti. (2017). Mengantisipasi Kejahatan Seksual Terhadap Anak Melalui Pembelajaran “Aku Anak Berani Melindungi Diri Sendiri” Studi Di Yayasan Al-Hikmah Grobogan. Sawwa. Vol 12, April 2017.

Jatmikowati, Tri Endang. Angin, Ria. Ernawati. (2014). Model Dan Materi Pendidikan Seks Anak Usia Dini Perspektif Gender Untuk Menghindarkan Sexual Abuse. Cakrawala Pendidikan. Vol 3, Oktober 2015.

Lubis, Muhammad Sofyan. (2018). Pentingnya Pengetahuan Materi Pendidikan Seks Pada Siswa SD Sebagai Antisipasi Dini Merebaknya Perilaku Pedofilia (Studi Deskiptif Di SD 064978 KEC Medan Denai). Repositori Universitas Muhammadiyah Sumatera Selatan.

Mashudi, Esyaanesty. (2015). Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Melalui Pengajaran Personal Safety Skills. Metodik Didaktik. Vol 9, Januari 2015.

Probosiwi, Ratih. Bahransyaf, Daud. (2015). Pedofilia Dan Kekerasan Seksual: Masalah Perlindungan Terhadap Anak. Sosio Informa. Vol 1, April 2015.

Tinambuan, Zaidar. (2022). Upaya P2TP2A Aceh Singil Dalam Perlindungan Hukum Terhadap Anak Dan Korban Pedofilia (Ditinjau Menurut Hukum Pidana Dan Analisis Terhadap Penerapan Quanun Aceh Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Perlindungan Anak). Repositori Universitas Islam Negeri AR-Ranirydarusallam.

Wulandari, Ruwanti. Suteja, Jaja. (2019). Konseling Pendidikan Seks Dalam Pencegahan Kekerasan Seksual Anak (KSA). Professional, Empathy And Islamic Counseling Journal. Vol 2, Juni 2019.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Narew, I. ., Gelatan, L. ., Tomu, R., Bemu, D. E. ., & Rezkina, D. N. . (2023). SOSIALISASI PENTINGNYA MENJAGA DIRI BAGI ANAK-ANAK DI RUMAH YATIM DAN DHU’AFA BAITURROSUL TIMIKA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2683–2689. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/14751