PENGUATAN LITERASI DIGITAL GURU MELALUI PELATIHAN PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM

Authors

  • Muthmainnah Mursidin Universitas Islam Makassar
  • Muhammad Chairil Imran Universitas Islam Makassar
  • Jusmaniar N Universitas Islam Makassar
  • Sulviana Sulviana Universitas Islam Makassar
  • Rizka Indahyanti Universitas Islam Makassar
  • Sitti Nurjannah Universitas Islam Makassar
  • Ningsih Ningsih Universitas Islam Makassar
  • Renita Renita Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14661

Keywords:

Google Classroom, Literasi Digital, Pembelajaran.

Abstract

Melihat penguatan literasi digital sebagai sebuah kebutuhan bagi guru maka guru wajib dibekali dengan pengetahuan tentang pemanfaatan Google Classroom agar nantinya mampu meningkatkan kecakapan diri sekaligus memperkuat literasi digital siswa disekolah. Google Classroom bisa dikatakan baru bagi mereka walaupun selama ini Google Classroom sudah lama dimanfaatkan dalam dunia pendidikan, pelatihan yang didapatkan termasuk minim sehingga Tim pengabdian berinisiatif untuk mengadakan pelatihan pemanfaatan Google Classroom untuk meningkatkan kecakapan guru dalam mengelola pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu pemaparan materi dan praktik Google Classroom  dan Focus Group Discussion. Hasil pelatihan menunjukkan selama pelatihan Google Classroom, guru merasa pengetahuan mereka bertambah, respon positif sesudah pelatihan ini juga tampak dari hasil Focus Group Discussion, mereka antusias karena dibekali dengan pelatihan yang berguna dalam mengelola pembelajaran dan berharap pelatihan yang sama tetap diadakan.

References

Aini, D. F. N., & Nuro, F. R. M. (2023). Analisis Kompetensi Literasi Digital Guru sebagai Pendukung Keterampilan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 840–851. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4744

Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., Bagus, A., & Rahma, N. (2019). Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3, 98–104.

Chairil Imran, M. (2021). Using Kids Coloring Fun Application to enhance Children Vocabulary Mastery at Tumbuh Kembang Kindergarten. DIDAKTIKA, 10(3), 119–124. https://jurnaldidaktika.org/

Efendi, M. M., & Yunus, M. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Covid-19 Bagi Guru Smpn 1 Aikmel. Buletin Pembangunan Berkelanjutan, 5(3). https://doi.org/10.25299/bpb.2021.8697

Hariono, T., Ashoumi, H., Aprilia, D., Zaimatul Ulya, A., & A Wahab Hasbullah, U. K. (2020). Pelatihan Pembelajaran E-Learning melalui Google Classroom. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidanginformatika, 1(1), 35–38.

Imran, Muhammad Chairil, Khaliq Bashar, Budiarti Putri Uleng, Nina Ariani, Sukmawati, Suharti Siradjuddin, Sujarwo, I. (2022). The Impact of Computer Assisted Language Learning (CALL) Technology on Indonesian Learners’ Speaking Skills. International Journal of Education and Humanities (IJOLEH), 1(2), 183–189. www.ijllalw.org

Imran, M. C. (2022). Applying Youtube Kids to Foster Children Vocabulary Mastery at Ihya Al-Ulum Kindergarten. Jurnal Kependidikan, 11(1), 9–16. https://jurnaldidaktika.org9

Imran, M. C. (2023). Babbel Application To Improve Students ’ Vocabularies. Paedagoria?: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 110–113.

Imran, M. C., Bashar, K., Syukriady, D., & Putri, B. (2023). The Feasibility of Live Streaming DW English As Reading Instructional Technology Media For ESP (Learner Perspective). Education, Language, and Culture (EDULEC), 3(1), 120–126.

Imran, M. C., N, J., Sulviana, S., Indahyanti, R., Mursidin, M., & Nurjannah, S. (2022). Penguatan Pembelajaran Mahasiswa Melalui Pelatihan Learning Management System. Community Development Journal?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1508–1511. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8030

Imran, M. C., & Syukriady, D. (2023). Penguatan Pembelajaran Apresisasi Sastra Melalui Pelatihan Membaca Puisi. Communnity Development Journal, 4(1), 481–485.

Indahyati, R., & Rahman, W. A. (2022). Teachers’ Perceptions on the Use of Teaching Media in English Classroom. Klasikal: Journalof Education, Language Teaching and Science, 4(2), 2656–8772.

Irmawati, & Syamsurijal, B. (2021). Sistem Pelatihan Pengelolaan Google Classroom Bagi Guru Sekolah Dasar di masa Pandemi Covid-19. IPTEK: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(1), 49–56.

Karsoni Berta Dinata. (2021). Literasi Digital Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Eksponen, 11(1), 20–27.

Kuncoro, K. S., Sukiyanto, S., Irfan, M., Amalia, A. F., Pusporini, W., Wijayanti, A., & Widodo, S. A. (2022). Peningkatan Literasi Digital Guru Guna Mengatasi Permasalahan Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19. Abdi Wiralodra?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 17–34. https://doi.org/10.31943/abdi.v4i1.50

Kurniawan, B., & Purnomo, A. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Online Bagi Guru Matapelajaran IPS. International Journal of Community Service Learning, 4(1), 1–9.

Maris, H., Kusumastuti, R., Mursidin, M., & Suhaida, D. (2022). The analysis of learning activity during online learning in the time of Covid-19. International Journal of Economy, Education and Entrepreneurship, 2(1), 191–204.

Nonci, J. (2023). Building Up Students ’ English-Speaking Skills through Dual Meaning Picture. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 7(1), 410–414.

Nurjannah, S., & Ridwan, A. N. (2022). Needs Analysis on English Language Learning of Software Engineering Students of SMK Kartika XX-1 Makassar. Education, Language, and Culture (EDULEC), 2(3), 301–311.

Permana, E. P., & Rosalia, N. D. (2021). Pelatihan Google Classroom Sebagai Media Mengajar saat Work From Office bagi Guru SDN 02 Puyung Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal ABDINUS?: Jurnal Pengabdian Nusantara, 5(1), 75–80. https://doi.org/10.29407/ja.v5i1.16040

Prehanto, D. R., & Indriyanti, A. D. (2022). Pelatihan Google Classroom Pada Guru Sekolah Dasar Di Desa Balonggemek Jombang. Abidumasy, 03(01), 13–19.

Purba, N. A., Pane, E. P., & ... (2022). Penguatan Literasi Digital Bagi Guru-Guru Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Jorlang Hataran Kabupaten Simalungun Masa …. … Jurnal Pengabdian Kepada …, 5, 2785–2792. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/8160

Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Gunahumas, 1(1), 72–87. https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380

Rini, R. R., Nurain, S., & Ujang, E. (2022). Literasi digital mahasiswa dan faktor-faktor yang berpengaruh. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(2), 171–179. http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/46110

Rosmalah, Rahman, S. A., & Asriadi. (2021). Analisis Kompetensi Literasi Digital Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemic Covid-19. SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2021 “Penguatan Riset, Inovasi, Dan Kreativitas Peneliti Di Era Pandemi Covid-19,” 16–23. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/25194

Rugaiyah, R., Rahmawati, D., Kustandi, C., Nabila, S., & Novianti, R. (2022). Pelatihan kecakapan digital guru untuk membangun kreatifitas dalam pembelajaran pada guru sd di kecamatan pulo gadung. PERDULI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(02), 67–74. https://doi.org/10.21009/perduli.v3i02.30319

Sastra, I. F. A., & Widianto, E. (2022). Pelatihan Penggunaan Google Classroom dan Google Form sebagai Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Daring di SDN Pisangcandi 1 Desa Pisangcandi Kecamatan Sukun Kota Malang. Bantenese?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 35–45. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v4i1.4344

Sijabat, O. P., Sihombing, L. N., Siregar, N., Sianipar, H. H., Simamora, R., Manalu, D. B., Sijabat, A., Purba, N., Purba, R., & Sibagariang, S. A. (2021). Pelatihan Penggunaan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Daring pada Guru-Guru SD Negeri 091316 Kabupaten Simalungun. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 2(1), 58–67. https://doi.org/10.33292/mayadani.v2i1.49

Sulviana. (2022). A Review On The Contextual Teaching And Learning Process Using Procedural Text Writing. JOEL:Journal of Educational and Language Research, 2(5), 827–836.

Yuliawati, S., Suganda, D., & Darmayanti, N. (2021). Penyuluhan Literasi Digital Bagi Guru-Guru Smp Di Kota Sukabumi. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 477. https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.29604

Zahroh, F., & Sholeh, M. (2022). Efektivitas literasi digital dalam meningkatkan pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(September), 12.

Downloads

Published

2023-05-29

How to Cite

Mursidin, M. ., Imran, M. C. ., N, J. ., Sulviana, S., Indahyanti , R., Nurjannah, S. ., Ningsih, N., & Renita, R. (2023). PENGUATAN LITERASI DIGITAL GURU MELALUI PELATIHAN PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3165–3170. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14661