WORKSHOP PEMASARAN MELALUI E-COMMERCE PADA UMKM DI JASINGA KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Abdul Manap Universitas Jayabaya
  • Andriani Lubis Universitas Jayabaya
  • Mustangin Mustangin Universitas Jayabaya
  • Yusmita Hawari Universitas Jayabaya
  • Suyadi Suyadi Universitas Jayabaya
  • Sinta Julina Universitas Jayabaya
  • Zurlina Lubis STIE Jakarta International College

Keywords:

Pemasaran, E-Commerce, UMKM

Abstract

Teknologi komunikasi yang menjadikan internet of things termasuk kegiatan pemasaran melalui e-commerce sangat penting untuk pelaku UMKM, selain dianggap mempunyai peran yang signifikan terhadap peningkatan perekonomian dan UMKM merupakan salah satu penopang perekonomian nasional. Dengan maraknya pertumbuhan usaha saat ini, pesaingan pasar pun semakin ketat. Peralihan pasar dari offline ke online menyebabkan pelaku usaha yang tidak memanfaatkan potensi internet marketingnya kehilangan kesempatan untuk lebih mengembangkan bisnisnya. Dengan adanya workshop ini diharapkan dapat memotivasi para pelaku umkm mempraktekan ilmu yang didapat sehingga usahanya semakin berkembang dan dapat bersaing dengan pasar yang lebih luas.

References

Alma, Buchori. (2014). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa, Bandung: Penerbit CV Alfabeta.

Chen, C. B., & Kao, P. L. (2012). The Effects of the Hospital Marketing Promotion on Consumers' Choice of Hospitals Consumers. The Journal of Human Resource and Adult Learning, 8(1), 156-168.

Devi Maulidasari, C., & Setiyana, R. (2020). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Teuku Umar Darmabakti@utu.ac.id, 2(1).

D’Aveni, R. A. (2014). Hypercompetition, new edition. New York: The Free Press.

EQUILIBRIA PENDIDIKAN: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(1), 40-58.

Fahrezi, Rifai, M., & Argenti, G. (2022). Implementasi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Melalui Program Pelatihan Dan Bantuan Alat. Jurnal Kewarganegaraan.

Hapsoro, B., Palupiningdyah, & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Manap, Abdul. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran, Untuk Kelangsungan Bisnis. Jakarta: Penerbit Mitra Media Wacana.

Manap, Abdul. (2016). Manajemen Pemasaran dan Strateginya, alat untuk memenangkan Persaingan. Jakarta: Penerbit Prenada.

Manap, Abdul. (2018). Manajemen Kewirausahaan. Jakarta: Penerbit Mitra Media Wacana.

Noviyanto. (2020). Promosi Usaha Melalui Media Sosial. Retrieved June 5, 2020 from https://koinworks.com/blog/promosi-usaha-melalui-media-sosial/

Nurjaya. (2022). Digital Entrepreneurship. Surabaya: Penerbit Cipta Media Nusantara.

Philip, K. (2010). Manajemen pemasaran. Jakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Pratama Marpaung, A., Shareza Hafiz, M., & Dari, W. (t.t.). (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 2021–2294. https://doi.org/10.30596%2Fsnk.v2i1.8273

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Downloads

Published

2023-04-26

How to Cite

Manap, A. ., Lubis , A. ., Mustangin, M., Hawari , Y., Suyadi, S., Julina , S. ., & Lubis, Z. . (2023). WORKSHOP PEMASARAN MELALUI E-COMMERCE PADA UMKM DI JASINGA KABUPATEN BOGOR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2277–2281. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/14312