PEMANFAATAN MEDIA AUDIO, TEKS FIKSI, DAN AUDIO-VISUAL DALAM PENINGKATAN LITERASI BAHASA DAN SASTRA DAN LITERASI NUMERIKAL SISWA/I SMA TRI SAKTI LUBUK PAKAM

Authors

  • Sahat Taruli Siahaan Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Lidia Afriani Sitanggang Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Kamelia Tarigan Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Rika Anesia Purba Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Esra Margaretha Pardosi Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Santa Ceacilia Pardosi Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Bastio Manurung Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13898

Keywords:

media_audio, teks_fiksi, audiovisual, literasi_bahasa_dan_sastra, literasi_numerikal

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan dua jenis kemampuan literasi utama, yaitu: (1) literasi bahasa dan sastra Inggris dengan pemanfaatan media audio, teks fiksi dan audiovisual; dan (2) literasi numerikal pada mata pelajaran Matematika dengan penggunaan media audiovisual di SMA Tri Sakti Lubuk Pakam. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam pengabdian ini adalah: metode pendampingan/bimbingan belajar, sosialisasi, ceramah, pretest dan posttest. Pemanfaatan media Audio berbasis dialog/monolog non-fiksi Listening level A1 British Council bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak (mendengar) dialog/monolog berbahasa Inggris siswa/i pada level dasar. Kemudian, pemanfaatan media teks fiksi berbasis drama fiksi berbahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris dan pendidikan karakter siswa/i. Di samping itu, pemanfaatan media audiovisual berbasis cerita fiksi dalam mata pelajaran Bahasa Inggris bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak, menulis dan berbicara bahasa Inggris dan pendidikan karakter siswa/i. Lalu, pemanfaatan media audiovisual berbasis video/film non-fiksi/ animasi dokumenter Matematika pada topik Trik Cepat dalam mata pelajaran Matematika untuk meningkatkan kemampuan berhitung dengan cara cepat. Berdasarkan hasil pelaksanaan program Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen di SMA Tri Sakti Lubuk Pakam yang dibuktikan dengan hasil pengamatan posttest dan pengamatan visual, maka kegiatan PkM telah memberikan efek positif yaitu peningkatan literasi bahasa dan sastra Inggris dan literasi numerikal dengan adanya pemanfaatan ketiga media pembelajaran, yaitu: (1) media audio; (2) media teks fiksi; dan (3) media audiovisual.

References

Anitah, Sri. 2012. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Karlina, Hani. 2017. “Penggunaan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama” in LITERASI Journal: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 01(01), 2017.

Lestari, Iis Dewi et al. “Penggunaan Media Audio, Visual, dan Audiovisual dalam Meningkatkan Pembelajaran kepada Guru-Guru” in Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 01(01), 55-60, 2018.

Maruti, et al, “Program Literasi Digital bagi Anak-Anak Kampung Wonopuro, Dusun Sidowayah, Kabupaten Ponorogo,” in Jurnal Amalee Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 02(02), 97-107, 2021.

Phillips, Sarah. 1999. Drama with Children. Oxford: Oxford University Press.

Purnaningsih, Pari, “Strategi Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris,” in Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(1), 2017.

Purwono, Joni, dkk. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran. 2(2): halaman. 127-144. ISSN: 2354-6441.

Rahma, Duke Ulima, dkk. (2020). The Practicality Of Interactive Cd-Based Audiovisual Media To Improve Listening Skill. Journal Of Teaching And Learning. 5(2): hlm. 103-118.

Rahman, Rahmawaty. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual (Video Animasi) Terhadap Keterampilan Menceritakan Kembali Cerita Fiksi Kelas IV SDN 52 Welongo Kapubaten Soppeng. Universitas Muhammadiyah Makassar: unpublished thesis.

Ramli, Muhammad. 2012. Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.

Rizkiana, Suci. 2019. “Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi” in FKIP UNS Journal Systems, 05(01), 2019.

Siahaan, Sahat Taruli, “Der-Die-Das Article Play Method in Improving German Vocabulary Mastery,” in Jurnal MOVE: Journal of Community Service and Engagement, 02(01), 5-16, 2022.

Siahaan, Sahat Taruli. 2023. Pemanfaatan Media Audio, Teks Fiksi dan Audiovisual dalam Peningkatan Literasi Bahasa dan Sastra Siswa/I SMA Tri Sakti Lubuk Pakam. LPPM Universitas HKBP Nommensen: unpublished community service program.

Downloads

Published

2023-04-10

How to Cite

Siahaan , S. T. ., Sitanggang , L. A. ., Tarigan , K. ., Purba, R. A., Pardosi , E. M. ., Pardosi, S. C. ., & Manurung, B. . (2023). PEMANFAATAN MEDIA AUDIO, TEKS FIKSI, DAN AUDIO-VISUAL DALAM PENINGKATAN LITERASI BAHASA DAN SASTRA DAN LITERASI NUMERIKAL SISWA/I SMA TRI SAKTI LUBUK PAKAM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1953–1959. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13898