KEMAMPUAN FOTOGRAFI DAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN BRANDING PRODUK UMKM DI DESA SUMURREJO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.47059Keywords:
Branding, Foto, Konten, UMKM, VideoAbstract
Tujuan dari proyek pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengetahui seberapa penting konten foto dan video dalam meningkatkan promosi dan branding produk di Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan pesatnya kemajuan teknologi digital, konten visual—khususnya video—telah muncul sebagai alat yang ampuh untuk mencapai tujuan pemasaran yang lebih luas dan menarik perhatian konsumen. Memanfaatkan video merupakan salah satu metode yang inovatif. Video yang dibuat dengan baik memiliki kemampuan yang ampuh untuk memberikan kesan yang baik kepada calon pelanggan. Akan tetapi, upaya untuk menggunakan video guna menghasilkan branding yang menarik secara visual menghadapi sejumlah tantangan. Salah satunya adalah kompetensi dalam pemrosesan video, termasuk penambahan teks, teknik dubbing, serta kemampuan mengedit audio dan visual. Produksi video sering kali memerlukan program dengan persyaratan sumber daya yang tinggi, dan penyebaran video menghadirkan kesulitan tambahan. Masalah terbesar adalah kurangnya pengetahuan tentang cara menggunakan handphone untuk mengambil gambar dan video yang menarik. Pengetahuan dan kemampuan pelaku UMKM di Desa Sumurrejo biasanya kurang dalam hal ini. Untuk meningkatkan pengetahuan dan kemahiran dalam menggunakan handphone untuk mengambil gambar dan video, diperlukan latihan dan pendampingan. Untuk membantu UMKM Sumurrejo memanfaatkan teknologi secara maksimal, meningkatkan daya tarik visual produk mereka, dan akhirnya meningkatkan daya saing mereka di pasar yang terus berkembang, hal ini penting. Hasil dari layanan ini harus menjelaskan seberapa baik gambar dan video dapat mendukung pencitraan merek dan promosi produk.References
Empowerment, C. (2024). Empowering product photography skills among teenagers in Gunung Village, Boyolali Regency. 9(1), 76–85.
Fabriana, D., Khanafi, A. H., Hawari, M. N., & Kurniawan, T. (2024). Pelatihan Fotografi dan Konten Produk Pada Siswa Kelas X SMK 1 Semarang Guna Meningkatkan Pemasaran Produk. 4(2).
Geomedisains, A., Anggono, A. D., Setyowati, E., Setyawan, S., Handayani, S., Surakarta, U. M., & Klaten, U. M. (2024). Peningkatan Pemahaman Digital Marketing Melalui Pelatihan Fotografi Produk di Desa Wisata Gerabah Putaran Miring Melikan Klaten. 5(2), 61–71.
Pamungkas, Y. B., Fanani, F., Setiawan, Y. B., Hapsari, R., Studi, P., Komunikasi, I., Semarang, U., Semarang, K., Digital, P., & Produk, F. (2024). Pendampingan Pembuatan Foto Produk sebagai Strategi Promosi Brand Produk UMKM di Kelurahan Sendangmulyo. 13(3), 2310–2319.
Pradana, Y., Mangruwa, R. D., & Adim, A. K. (2024). Workshop foto produk sebagai edukasi keterampilan promosi digital pada siswa SMK Negeri 7 kota Bandung. 8(596), 37–42.
Sakti, I. M. (2022). Pelatihan Fotografi dan Editing untuk Meningkatkan Promosi Produk Kerajinan Rajut. 02(03), 451–464.
Sari, W. P., Sholihah, Z., & Masali, F. (2023). Digital branding umkm melalui komunikasi visual. 8(2), 129–134.
Sugiyono, D. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dheasey Amboningtyas, Fukky Winasis Ichsanudin, Leonardo Budi Hasiholan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.