PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN UMKM

Authors

  • Adi Lukman Hakim Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Erna Nur Faizah Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Mega Barokatul Fajri Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Rizky Wahyudha Rosiawan Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Jennifer Farihatul Bait Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13138

Keywords:

Digital Marketing, Marketing Strategy, E-commerce, MSMEs

Abstract

Perkembangan teknologi internet menjadi penanda masuknya era revolusi industri 4.0. Kehadiran internet yang memiliki kemampuan untuk mengakses informasi dengan cepat dan mudah, menjadi peluang baru bagi UMKM untuk memasarkan produknya karena internet telah mengubah aturan dasar pemasaran di dunia yang tradisional menjadi digital marketing. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan kepada Ibu-Ibu PKK dan masyarakat yang mempunyai UMKM tentang implementasi digital marketing sebagai strategi dalam memasarkan produk serta menginovasikan dan kreativitas produk UMKM di Desa Tracal. Adapun tahap pelatihan dan pendampingan, terdiri dari beberapa kegiatan yaitu: (1) pengenalan digital marketing (2) Pengenalan e-commerce (3) Pengenalan packaging dan branding, (4) Dokumentasi produk (5) pembuatan produk. Kegiatan dalam pengabdian menggambarkan bahwa peningkatan produk UMKM yang ada di Desa Tracal memiliki e-commerce sebagai alat untuk melakukan promosi produk, pemilik UMKM pemahaman tentang Digital Marketing serta mampu mengelola e-commerce dan paham mengenai inovasi produk UMKM. Sehingga dapat menunjukkan bahwa dalam mengimplementasikan digital marketing berpengaruh dalam meningkatkan pemasaran UMKM dan pengimplementasiaanya memberikan manfaat dan kendala yang mengiringinya.

References

Alford, P & Page, S. J. (2015). Marketing Technology for Adoption by Small Business. He Service Industries Journal, 35, 11–12. https://doi.org/10.1080/02642069.2015.1062884

Amiri, A.M., Kushwaha, B.P. and Singh, R. (2023). Visualisation of global research trends and future research directions of digital marketing in small and medium enterprises using bibliometric analysis. Journal of Small Business and Enterprise Development, ahead-of-p(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/JSBED-04-2022-0206

Apasrawirote, D., Yawised, K. and Muneesawang, P. (2022). Digital marketing capability: the mystery of business capabilities. Marketing Intelligence & Planning, 40(4), 477–496. https://doi.org/10.1108/MIP-11-2021-0399

de Amorim, L.A., Sousa, B.B., Dias, Á.L. and Santos, V. R. (2022). Exploring the outcomes of digital marketing on historic sites’ visitor behaviour. Journal of Cultural Heritage Management and Sustainable Development, ahead-of-p(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/JCHMSD-11-2021-0202

Deb, S.K., Nafi, S.M. and Valeri, M. (2022). Promoting tourism business through digital marketing in the new normal era: a sustainable approach. European Journal of Innovation Management, ahead-of-p(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/EJIM-04-2022-0218

Florido-Benítez, L. (2022). International mobile marketing: a satisfactory concept for companies and users in times of pandemic. Benchmarking: An International Journal, 29(6), 1826–1856. https://doi.org/10.1108/BIJ-06-2021-0303

Fready, S., Vel, P. and Nyadzayo, M. W. (2022). Business customer virtual interaction: enhancing value creation in B2B markets in the post-COVID-19 era – an SME perspective. Journal of Business & Industrial Marketing, 37(10), 2075–2094. https://doi.org/10.1108/JBIM-01-2021-0074

Guenzi, P. and Nijssen, E. J. (2023). The relationship between digital solution selling and value-based selling: a motivation-opportunity-ability (MOA) perspective. European Journal of Marketing, 57(3), 745–770. https://doi.org/10.1108/EJM-11-2021-0907

Hu, L., Olivieri, M. and Rialti, R. (2023). Dynamically adapting to the new normal: unpacking SMEs’ adoption of social media during COVID-19 outbreaks. Journal of Business & Industrial Marketing, ahead-of-print, ahead-of-print. https://doi.org/10.1108/JBIM-01-2022-0052

Jadhav, G.G., Gaikwad, S.V. and Bapat, D. (2023). A systematic literature review: digital marketing and its impact on SMEs. Journal of Indian Business Research, 15(5), 76–91. https://doi.org/10.1108/JIBR-05-2022-0129

Jami Pour, M., Hosseinzadeh, M. and Amoozad Mahdiraji, H. (2021). Exploring and evaluating success factors of social media marketing strategy: a multi-dimensional-multi-criteria framework. Foresight, 23(6), 655–678. https://doi.org/10.1108/FS-01-2021-0005

Larivière, B. and Smit, E. G. (2022). People–planet–profits for a sustainable world: integrating the triple-P idea in the marketing strategy, implementation and evaluation of service firms. Journal of Service Management, 33(4/5), 507–519. https://doi.org/10.1108/JOSM-01-2022-0033

Pratiwi, A., & Rohman, A. (2023). Penerapan Strategi Digital Marketing dalam Meningkatkan Omset dengan Pendekatan Analisis Swot Perspektif Marketing Syariah Pada Toko Fihadaessie Surabaya. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(1), 881–898. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.1018

Risdiana, A. (2020). Analisis Strategi Digital Marketing Produk Industri Kreatif di Kecamatan Rajapolah, Tasikmalaya. Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 20(1), 9–19.

Sagita, G., & Raphael Wijaya, Z. (2022). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(3), 24–31.

Sanchez-Hughet, C., Aramendia-Muneta, M.E. and Erro-Garcés, A. (2022). Seizing opportunities in Europe: a roadmap for efficient big data implementation in Spanish SMEs. Digital Policy, Regulation and Governance, 24(5), 463–478. https://doi.org/10.1108/DPRG-02-2022-0019

Saraswati, E. (2019). Strategi Perencanaan dan Biaya Pemasaran yang Efektif bagi UMKM Mitra Binaan PT. Semen Indonesia. Journal of Dedicators Community, 3(3), 97–105. https://doi.org/10.340001/jdc.v3i3.1040

Soleh, A., Arlina., Suwarni., Susena,. K.C & Anggara, D. (2022). Implementasi Digital Marketing Dalam Optimasi Potensi Industri Rumah Tangga Warga RT.10 RW.04 Kelurahan Padang Jati Kecamatan Ratu Samban Kota Bengkulu. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 1(1), 89–94.

Wibowo, B. S & Harkusumo, D. (2020). Capturing Opportunities in the Industrial Revolution 4.0: E Commerce, Digital Marketing, Prestige, and Instant Online Buying. Jurnal Dinamika Manajemen, 11(12), 198–206. https://doi.org/10.15294/jdm.v11i2.24507

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Hakim, A. L., Faizah, E. N., Fajri, M. B., Rosiawan, R. W., & Bait, J. F. (2023). PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN UMKM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1382–1388. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13138