PENERAPAN SERVQUAL PADA KELOMPOK PEDAGANG DI SIMPANG LIMA GUMUL (SLG) KABUPATEN KEDIRI

Authors

  • Djunaedi Djunaedi Universitas Kadiri
  • Moch. Arifin Universitas Kadiri
  • Budi Susanto Universitas Kadiri
  • Cempaka Dyah Pramita Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12387

Keywords:

Servqual, UMKM, Pemasaran

Abstract

Peningkatan pembangunan yang ada di Kabupaten Kediri merupakan salah satu usaha yang dilakukan oleh pemerintah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi pada daerah tersebut, salah satu  proyek besar pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten kediri adalah pembangunan Simpang Lima Gumul guna memfasilitasi masyarakat untuk berwirausaha dan mendorong pertumbuhan UMKM. Namun, pengetahuan para pedagang mengenai strategi pemasaran yang benar untuk menarik dan mendapatkan konsumen masih kurang, menyebabkan penjualan menjadi stuck dan tidak mengalami perubahan. Untuk itu tim pengabdi tertarik untuk melakukan pengabdian yaitu dengan membantu beberapa pedagang khususnya pada sektor makanan ringan dan aneka jajanan, dengan harapan bahwa pengabdian ini dapat meningkatkan  pengetahuan  tentang  tata  pelayanan  yang  baik  guna meningkatkan penjualan. Hasil utama dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dari kelompok pedagang  yang ada di area Simpang  Lima Gumul  Kabupaten Kediri  mengenai  pelayanan  seperti  apa  yang  diharapkan  oleh  konsumen sehingga  para  pedagang  tersebut  dapat  memberikan  kinerja  pelayanan  yang maksimal  yang  dapat  meningkatkan  keuntungan.

References

Afiffuddin, M., & Widyaningrum, D. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Servqual Dan Csi Pada Ud.Arsha Indo. Sigma Teknika, 5(2), 275–284.

Pamenang, W., & Harry, S. (2016). Analisis pengaruh kualitas produk, kepuasan pelanggan dan words of mouth terhadap minat beli ulang konsumen. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XV(3), 206–211.

Purba, H. H. (2018a). ( Umkm ) Tambal Ban Di Kelurahan Klender Jakarta Timur. 1, 298–301.

Purba, H. H. (2018b). Peningkatan pelayanan usaha kecil tambal ban melalui penerapan servqual di kelurahan pondok kelapa jakarta timur. 3(2), 35–38.

Ramadhanti, E., & Marlena, N. (2021). Analisis strategi kualitas layanan menggunakan metode importance -performance analysis ( ipa ). Forum Ekonomi, 23(3), 431–441.

Setyowati, D., & Suryoko, S. (2020). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Melalui E-Trust Sebagai Variabel Mediasi ( Studi Pada Pengguna Situs Bukalapak Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9, 1–10.

Sugara, A., Khoir, A., & Kustyono, D. (2021). Strategi umkm untuk melakukan penjualan dalam dalam mengoptimalkan pelayanan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. 1–9.

Yoga Saputra, D., & Widyaningrum, D. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pelanggan dengan Metode Servqual dan Index Potential Gain Customer Value (Studi Kasus: Outlet Yossmi Dimsum). Serambi Engineering, VII(2).

Downloads

Published

2023-02-22

How to Cite

Djunaedi, D., Arifin, M. ., Susanto, B. ., & Pramita, C. D. . (2023). PENERAPAN SERVQUAL PADA KELOMPOK PEDAGANG DI SIMPANG LIMA GUMUL (SLG) KABUPATEN KEDIRI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 650–653. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12387