PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL BERBASIS WEBSITE PADA GRIYA KUE “ANNE” TULUNGAGUNG

Authors

  • Endang Triwidyati Universitas Kadiri
  • Desi Kristanti Universitas Kadiri
  • Gandung Satriyono Universitas Kadiri
  • Bahrul Ulum Universitas Kadiri
  • Umi Fitriyani Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12385

Keywords:

Website, UMKM, Pemasaran

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin menjadi pesan memaksa UMKM untuk saling bersaing demi keberlangsungan usahanya. Oleh karena itu, komunitas pemilik bisnis perlu memikirkan cara untuk bertahan hidup. Kegiatan yang kami lakukan adalah pelatihan digital marketing berbasis website bagi UMKM untuk membantu pemasaran produk. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar pelaku usaha atau UMKM dapat memanfaatkan internet dan teknologi untuk mendukung pemasaran produknya dan memperluas jangkauan target pasar atau konsumen melalui digital marketing. Sebab, penggunaan internet khususnya media sosial dinilai lebih efektif untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Kebiasaan masyarakat yang semakin gemar terhadap internet menjadi dasar bagi para pelaku usaha untuk memasarkan produknya secara online. Kami berharap hasil dari kegiatan ini adalah para pelaku usaha atau UMKM dapat memanfaatkan media berbasis internet dengan baik dan maksimal untuk meningkatkan pemasaran produknya.

References

Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Wahyu, A. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Management, 1(2), 88–92.

Andri, A., #1, H., Nurina, B., #2, S., Nur, T., & #3, P. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 4(2). https://www.youtube.com/watch?v=LSDBpMSX40c.

Aulianita, R., Nisa, K., Rakhmah, S. N., & Yunita, N. (2022). Pelatihan Pembuatan Website Sederhana Dalam Pemasaran Produk dengan Aplikasi Joomla Bagi UMKM LPM Rempoa. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(1), 199–204. https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i1.3544

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Hendayanti, N. P. N., Novianti, K. D. P., & Pratiwi, L. P. S. (2021). Pelatihan Manajemen Pemasaran Berbasis Website pada Usaha Kue Wecakee Denpasar. ADMA?: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.30812/adma.v2i1.1287

Nita, S., Nugrahanti, F., & Primawan, F. (2022). Pelatihan Aplikasi Pemasaran dan Penjualan Produk UMKM Berbasis Website Training of Marketing and Sales Applications for UMKM Product Based Website. Jurnal Suara Pengabdian, 45(2). https://jurnal2.untagsmg.ac.id/index.php/sabda

Pranoto, P., Jasmani, J., & Marayasa, I. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Perekonomian Anggota Karang Taruna Al Barkah Di Kampung Cicayur - Tangerang. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 250. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v1i2.2425

Rahmat, F., Bukit, A., Geby, G., Irvan, ), Fahmi, ), & Teknik, F. (2019). Pembuatan Website Katalog Produk Umkm Untuk Pengembangan Pemasaran Dan Promosi Produk Kuliner Website Creation Product Catalog MSMEs For Marketing And Promotion Development Of Culinary Products 1). www.imosumut.com.

Ratniasih, N. L., & Nugraha, D. H. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing dan Pengelolaan Keuangan Pada Toko Bahan Kue. Jurnal Komunitas?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 6–12. https://doi.org/10.31334/jks.v3i1.963

Syifa, Y. I., Wardani, M. K., Rakhmawati, S. D., & Dianastiti, F. E. (2021). Pelatihan UMKM Melalui Digital Marketing untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 6–13.

Welnof Satria, Zelvi Gustiana, & Jhon Simon. (2021). Pembuatan dan Pelatihan Web Sebagai Media Promosi pada UMKM Wedding Organizer Putri Hantaran Medan. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 39–47. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i2.630

Yuli Prasetyo, D., Yunita, F., Bindas, A., & Studi Sistem Informasi, P. (2022). Pelatihan Dan Pembuatan Website E-Commerce Pada UMKM Mudokufood Tembilahan. Communnity Development Journal, 3(2).

Downloads

Published

2023-02-22

How to Cite

Triwidyati, E. ., Kristanti, D. ., Satriyono, G. ., Ulum, B. ., & Fitriyani, U. . (2023). PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL BERBASIS WEBSITE PADA GRIYA KUE “ANNE” TULUNGAGUNG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 646–649. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12385

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.