WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN BERBASIS DIGITAL MARKETING DI SMKN 3 PALEMBANG

Authors

  • Eko Setiawan Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech
  • Muhammad Fajar Ariwibowo Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech
  • Intra Swadaya Hidayat Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.11707

Keywords:

SMK Pusat Keunggulan, Digital Marketing

Abstract

Program SMK Pusat Keunggulan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yaitu program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya. Selaras dengan itu, dunia pendidikan pun mencoba untuk mengimbangi program tersebut agar setiap lulusan SMK bisa terserap di dunia kerja atau pun menjadi wirausaha. Salah satu pengetahuan yang harus dipelajari oleh para tenaga pengajar ialah pengetahuan kewirausahaan berbasis bisnis digital yang berfokus pada digital marketing. Namun, kurangnya pengetahuan para guru tentang kewirausahaan berbasis digital marketing membuat program SMK Pusat Keunggulan belum bisa dipenuhi oleh SMK Negeri 3 Palembang. Maka dari itu, untuk menambah pengetahuan para tenaga pengajar di SMK Negeri 3 Palembang, Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech akan memberikan workshop atau pelatihan di bidang kewirausahaan berbasis digital marketing dengan metode pendidikan masyrakat, advokasi dan pelatihan dan dilaksanakan pada 14 – 15 September 2022. Hasil yang diperoleh dari pengabdian masyarakat ini adalah para peserta mendapatkan pengetahuan tambahan mengenai digital marketing, pembuatan konten pemasaran menggunakan aplikasi Canva dan membuat website e-commerce menggunakan aplikasi Odoo.

References

Hidayat, R. G., Nuryasin, I., & Suharso, W. (2020). Implementasi Sistem Informasi Penjualan dan Persediaan Menggunakan webERP Pada Cribo Inc Malang. Jurnal Repositor, 2(8), 1067–1074. https://doi.org/10.22219/repositor.v2i8.906

Kemp, S. (2022). Digital-2022-Indonesia-February-2022-v01_compressed.pdf (pp. 24–84). https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia?msclkid=54849450ac3011eca46cf06ec644a888

Mulya, M. F., & Rismawati, N. (2021). Analisis dan Perancangan Sistem E-Commerce Berbasis Cloud Enterprise Resource Planning Menggunakan Odoo 14. Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer Dan Kecerdasan Buatan), 5(1), 57–65. https://doi.org/10.47970/siskom-kb.v5i1.229

Qomariah, N. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pengembangan “Soft Skill Pembuatan Krupuk Samiler” Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga di Kabupaten Bondowoso. Pengabdian Masyrakata IPTEKS, 64–70.

Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition?: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/6859

Sari, A. D. (2021). Emanfaatan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Fitur “Reels Instagram” Pada Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021, 1–6. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43369

Setiawan, T., & Putro, F. H. (2021). Pemanfaatan Graphics Designer Software Canva Untuk Meningkatkan Kreatifitas Promosi Produk UMKM di Cepogo Boyolali. Intelektiva:Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(12), 53–56. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/530

Suminten, S.-, Amelia, S., & Sintawati, I. D. (2019). Penerapan Enterprise Resourse Planning Penjualan Aksesoris Berbasis Odoo. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 6(1), 69. https://doi.org/10.30656/jsii.v6i1.1052

Widiastuti, N. A., Zainudin, A., Dhabitha, ;, Filza, L., Ahmad, ;, Prayoga, P., & Muzakki, ; Ahmad. (2022). Pelatihan Digital Marketing Berbasis Instagram di CV. Karunia Barokah Jepara. Abdimas Universal, 4(1), 28–33. http://abdimasuniversal.uniba-bpn.ac.id/index.php/abdimasuniversalDOI:https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v4i1.155

Downloads

Published

2023-01-02

How to Cite

Setiawan, E. ., Ariwibowo, M. F., & Hidayat, I. S. . (2023). WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN BERBASIS DIGITAL MARKETING DI SMKN 3 PALEMBANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 88–94. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.11707