HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN KOSA KATA PADA ANAK AUTIS USIA SEKOLAH DASAR DI SLBN BANGKINANG KOTA TAHUN 2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/sjkt.v2i2.15188Keywords:
Pola Asuh, Kemampuan Kosakata, Anak AutisAbstract
Prevalensi autis menurut World Health Organization (WHO) (2019) terjadi pada 10 anak dari 10.000 kelahiran. Kemungkinan terjadinya empat kali lebih sering pada bayi laki laki dibanding bayi perempuan. Data Statistik di Amerika menunjukkan, satu di antara 150 anak sekitar 300.000 anak-anak memiliki gejala autis. Dengan perkiraan pertumbuhan sebesar 10-17 persen per tahun, para ahli meramalkan bahwa pada dekade yang akan datang di Amerika akan terdapat 4 juta penyandang autis..Tujuan dalam penelitian ini adalah hubungan pola asuh orang tua dengan kemampuan kosa kata pada anak autis usia sekolah di SDLBN Bangkinang Kota Tahun 2022. Populasi penelitian ini adalah adalah seluruh ibu yang memiliki anak penyandang Autis di Sekolah Dasar Luar Biasa Bangkinang tahun 2022 berjumlah 35 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah bagian ibu yang memiliki anak penyandang Autis yang dianggap mewakili seluruh populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian dari 35 ibu yang memiliki anak autis sebagian besar pola asuh tidak baik sebanyak 19 orang (54,3%) dan kemampuan kosakata anak autis tidak baik sebanyak 22 orang (62,9%). Berdasarkan uji statistik dengan uji chi-square diperoleh nilai p value = 0,001 ? (0,05) dengan tingkat kepercayaan 95%, maka Ho ditolak yang artinya signifikan. Berarti ada hubungan pola asuh orang tua dengan kemampuan kosa kata pada anak autis usia sekolah di SDLBN Bangkinang Kota Tahun 2022. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dipergunakan sebagai informasi untuk melaksanakan penelitian lebih lanjut yang berkaitan dengan penelitian ini.References
Anggraini. 2017. Kosakata Anak Autis.Yogyakarta: Textium.Amalia. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Warna dengan Metode Menggambar. Jurnal Ilmiah Umum (JIUM)Vol. I, Nomor 1 ISSN: 2598-0602, I,1-21.Dian. 2016. Pengaruh pola asuh Dengan kemampuan berbahasa pada anak autis. (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro),Volume 2, Nomor 2, Edisi September 2017 (hal 21-28), P-ISSN: 2477-8346, E-ISSN: 2477-8354.Dewa. 2021. Analisis Kemampuan Menulis Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDLB. Jurnal Pendidikan Dasar,P-ISSN: 2086-7433 E-ISSN: 2549-5801Indiarti & Rahayu. 2020. Orientasi Baru Pendidikan Anak Autis: Teori dan Aplikasi.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.Notoadmodjo, S. (2010). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarata: Rineka Cipta.Pratiwi. 2020. Peningkatan Pemahaman Kosakata Anak Autis Melalui Media Word wall.PGSD FKIP, Universitas Sebelas Maret.Puteri, A. D. (2017). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kondisi Rumah Sehat di Desa Bandur Picak Kecamatan Koto Kampar Hulu tahun 2017.Prepotif J Kesehat Masy,1(2), 28-41.Rachmawaty, Mia. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Dinding Kata (Word wall). Indria, Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal, JI II (I)Sari, Susanti. 2020. Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Kosakata Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Sriwijaya Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.Santrock. 2018. Peningkatan Penguasaan Kosakata anak autis Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Luar Biasa Tapang Aceh Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Kansasi,Vol. 5, No.1, e-ISSn: 2540-7996.Soetjiningsih. 2016. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya kosakata. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.Upton. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, Volume 03, Nomor 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yosi Arpika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).



