Studi Komparatif Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun yang Mengikuti Pendidikan Non-Formal dan yang Tidak Mengikuti Pendidikan Non-Formal di Tk Se-Kecamatan Logas Tanah Darat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.863Keywords:
Kemampuan Keaksaraan Awal, Pendidikan NonformalAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun anak yang mengikuti pendidikan non-formal, mengetahui kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun anak yang tidak mengikuti pendidikan non-formal, serta perbedaan diantara keduanya dengan objek penelitian di TK- Se-Kecamatan Logas Tanah Darat Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode komparatif. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan non formal memberikan pengaruh terhadap kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun. Terdapat perbedaan kemampuan keaksaraan awal antara anak usia 5-6 tahun yang diberikan pendidikan non formal dengan anak usia 5-6 tahun yang tidak mengikuti pendidikan non formal.References
Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana. Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Jakarta
Badru Zaman, dkk. 2011. Media dan Sumber Belajar TK. Universitas Terbuka. Jakarta.
Depdiknas.2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Berbahasa di Tanam Kanak-kanak.Jakarta: Depdiknas dirjen manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD.
Depdiknas. 2014. Permendikbud No. 137/2014: Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. BNSP. Jakarta.
Eliason Claudia & Jenkis Loa.2012.A Practical Guide To Early Childhood Curriculum.USA: Pearson.
Hasbullah. 2015. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
Imam Musbikin, 2010. Buku Pintar PAUD. Laksana. Yogyakarta
Indonesia. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentangsistem Pendidikan Nasional.
Jamaris, M. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Tanam Kanak-kanak; Pedoman bagi orang tua dan guru, Jakarta: PT Grasindo.
Kurnia, R. (2009). Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini.
Kurnia, R., & Solfiah, Y. (2018). PENGARUH MEDIA PENSIL KARAKTER ANIMASI UPIN DAN IPIN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ANAK. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 341-350. https://doi.org/10.21009/JPUD.122.1
Siti Aisyah, dkk. 2010. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Slamet Suyanto. 2005. Dasar-dasar pendidikan Anak Usia Dini. Hikayat Publishing. Yogyakarta.
Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidika. Alfabeta. Bandung.
Suyadi & Maulidya Ulfah. 2013. Konsep Dasar Paud. Remaja Rosdakarya. Bandung
Tahun Pelajaran 2015/2016. AG Subroto, RB Kiswardianta… - Florea: Jurnal Biologi
…, 2016 - e-journal.unipma.ac.id, 49-54.
Suhendrianto. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MIN TEGALASRI KEC. WLINGI KAB. BLITAR. S Suhendrianto - 2017 -
etheses.uin-malang.ac.id.
Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Udin, S. W. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.