PENGUATAN PEMAHAMAN SPIRITUAL MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI BERBASIS ABAD KE-21 DALAM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN

Authors

  • Rindu Yohannes Rumahorbo PTKKN Kementerian Agama RI
  • Frista Olivia Sianipar PTKKN Kementerian Agama RI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53577

Keywords:

Pembelajaran Ekspositori, Keterampilan, Pendidikan Agama Kristen, Spiritualitas, Pemahaman Firman

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan strategi pembelajaran ekspositori berbasis abad ke-21 dalam Pendidikan Agama Kristen (PAK) sebagai pendekatan pedagogis yang mampu memperkuat pemahaman spiritual peserta didik. Transformasi model ekspositori dari metode ceramah tradisional menuju pembelajaran yang lebih interaktif, kontekstual, dan terintegrasi dengan keterampilan abad ke-21 memberikan dampak signifikan terhadap penghayatan iman siswa. Melalui integrasi literasi digital, komunikasi, kolaborasi, kreativitas, serta kemampuan berpikir kritis dalam pembacaan dan analisis teks Alkitab, peserta didik memperoleh pengalaman belajar yang lebih bermakna dan relevan dengan kebutuhan perkembangan spiritual mereka di era digital. Guru berperan tidak hanya sebagai penyampai materi, tetapi sebagai fasilitator spiritual yang menuntun siswa melalui refleksi, pertanyaan pemantik, serta pembimbingan dalam menerapkan nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan sehari-hari. Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi ekspositori abad ke-21 mampu meningkatkan pemahaman firman secara terstruktur, menumbuhkan kesadaran spiritual, memperkuat karakter Kristiani, dan membangun identitas iman yang kokoh di tengah tantangan moral dan sosial masa kini. Pembelajaran PAK menjadi lebih hidup, bermakna, dan transformatif ketika fondasi teologis yang kuat digabungkan dengan inovasi pedagogis modern. Penelitian ini menegaskan bahwa penguatan spiritualitas peserta didik menuntut pendekatan yang menghubungkan antara pengetahuan, refleksi, dan praktik iman sehingga firman Tuhan tidak hanya dipahami, tetapi juga dihidupi.

References

Abdi, H., & Yuliana, R. (2021). Pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen berbasis kompetensi abad ke-21. Jurnal Pendidikan Kristen, 12(1), 45–58.

Anderson, K., & Fuller, R. (2020). Christian spiritual formation in digital learning environments. Journal of Christian Education, 63(2), 112–128.

Bialik, M., & Fadel, C. (2018). Four-dimensional education: The competencies learners need to succeed. Center for Curriculum Redesign.

Brown, T. (2021). Reimagining expository teaching for Generation Z learners. International Journal of Christian Pedagogy, 9(3), 67–82.

Cresswell, J. (2012). Education and spiritual development: Foundations for 21st-century learning. Oxford University Press.

Darajat, Z. (2018). Landasan pendidikan agama di era modern. Jakarta: Prenadamedia Group.

Dewi, L., & Simanjuntak, E. (2019). Penerapan strategi ekspositori dalam meningkatkan pemahaman iman siswa. Jurnal Pendidikan Agama, 5(2), 123–134.

Fowler, J. (2010). Faith development and learning in contemporary culture. HarperCollins.

Fraser-Pearce, C. (2022). Understanding children’s spirituality in educational settings. International Journal of Children’s Spirituality, 27(1), 5–21.

Hilton III, J. (2016). Factors influencing spiritual transformation in religious education. Journal of Religious Education, 64(1), 23–38.

Hutabarat, S. (2020). Transformasi digital dalam Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Indonesia, 8(1), 55–70.

Kaur, A., & Nader, M. (2020). 21st-century skills integration in religious instruction. Journal of Innovative Learning, 14(2), 101–120.

Lu, J. I. (2021). Reflective practice in theological education: Pathways to spiritual embodiment. Christian Education Quarterly, 45(2), 77–93.

Moulin-Stożek, D. (2020). Philosophical perspectives on spiritual development in education. Oxford Review of Education, 46(6), 778–792.

Napitupulu, Y. (2021). Pembelajaran aktif dalam PAK untuk membentuk karakter. Jurnal PAK Indonesia, 6(3), 215–230.

Pane, M., & Sihombing, A. (2018). Efektivitas model ekspositori dalam meningkatkan penguasaan materi Alkitab. Jurnal Pendidikan Kristen Indonesia, 4(1), 87–98.

Purba, D. (2017). Peran guru PAK sebagai fasilitator spiritualitas siswa. Jurnal Teologi dan Pendidikan, 15(2), 144–156.

Setran, D. P., & Wilhoit, J. C. (2020). Spiritual formation in the age of digital disruption. Baker Academic.

Sitompul, R. (2019). Media digital dan internalisasi nilai Kristiani pada remaja. Jurnal Teologi Kontekstual, 14(2), 89–103.

Sutanto, A. (2015). Pendidikan Kristen holistik dan pengembangan iman siswa. Malang: Literatur SAAT.

Trilling, B., & Fadel, C. (2012). 21st century skills: Learning for life in our times. Jossey-Bass.

Turnbull, J. (2022). Expository teaching in contemporary Christian classrooms: New directions for a new generation. Journal of Faith and Learning, 11(4), 201–218.

Wijaya, A. (2020). Pembelajaran ekspositori berbasis digital dalam konteks PAK. Jurnal Edukasi Iman, 3(1), 33–47.

Zulkarnain, H., & Tamrin, M. (2021). Peran teknologi dalam memperkuat pembelajaran religius. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(3), 207–220.

Downloads

Published

2025-12-11

How to Cite

Rumahorbo, R. Y., & Sianipar, F. O. (2025). PENGUATAN PEMAHAMAN SPIRITUAL MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI BERBASIS ABAD KE-21 DALAM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8424–8432. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53577

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.