NILAI-NILAI MORAL DALAM KUMPULAN NASKAH DRAMA TERLENA KARYA SUKARJAN: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA

Authors

  • Lia Anggreani Napitupulu Universitas Sumatera Utara
  • Nurhayati Harahap Universitas Sumatera Utara
  • Rosliana Lubis Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.52966

Keywords:

Drama, Naskah Drama, Nilai Moral, Sosiologi Sastra, Nurgiyantoro.

Abstract

Karya sastra yang berjenis drama menjadi mimik untuk jendela kehidupan nyata. Drama tidak hanya menampilkan kisah rekaan, tetapi juga merepresentasikan realitas sosial dan nilai-nilai kehidupan yang berkaitan erat dengan persoalan moral manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai moral yang terkandung dalam Kumpulan Naskah Drama Terlena karya Sukarjan dengan menggunakan teori nilai moral yang dikemukakan oleh Nurgiyantoro serta pendekatan sosiologi sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik analisis isi terhadap teks drama. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka dan catat. Untuk memudahkan analisis, naskah drama diklasifikasikan berdasarkan tema utama, yaitu tema keluarga, pendidikan, dan sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh-tokoh dalam naskah drama merepresentasikan tiga wujud nilai moral, yaitu (1) hubungan manusia dengan dirinya sendiri (moral individu) yang ditunjukkan dalam bentuk bekerja keras dan bersikap bijak, (2) hubungan manusia dengan manusia lain (moral sosial) yang ditunjukkan dalam bentuk tolong menolong dan pengabdian terhadap rakyat, dan (3) hubungan manusia dengan Tuhan (moral religi) yang ditunjukkan dalam bentuk beribadah dan berserah kepada Tuhan. Dengan demikian, karya ini tidak hanya menghadirkan pesan moral dalam bentuk yang estetis, tetapi juga merefleksikan realitas sosial serta menyuarakan kritik terhadap berbagai persoalan yang berkembang di tengah masyarakat

References

Al-Ma’ruf, A. I., & Nugrahani, F. (2017). Pengkajian sastra. Surakarta: CV Djiwa Amarta.

Bertens, K. (2011). Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Budianta, M., dkk. (2004). Membaca sastra: Pengantar memahami sastra untuk perguruan tinggi. Magelang: Indonesia Tera.

Damono, S. D. (2002). Pedoman penelitian sosiologi sastra. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Endraswara, S. (2011). Metode pembelajaran drama (apresiasi, ekspresi, dan pengkajian). Yogyakarta: CAPS.

Farisha, S. S. (2023). Nilai-nilai moral dalam tradisi Robo-robo di Desa Punggur Kapuas Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya (Skripsi doktoral, IKIP PGRI Pontianak). Diakses dari https://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1652/3/BAB%202.pdf

Kokasih, E. (2012). Dasar-dasar keterampilan bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Maidiana, M. (2021). Alacrity: Journal of Education. Journal of Education, 1(2), 20–29. Diakses dari https://www.lpppipublishing.com/index.php/alacrity/article/view/23/22

Moleong, L. J. (2005). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Murti, S., & Maryani, S. (2017). Analisis nilai moral novel Bulan Jingga dalam Kepala karya M. Fadjroel Rachman. Jurnal KIBASP, 1(1), 50–61. Diakses dari https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/93

Nazhiifah, R. U., Saddhono, K., & Said, D. P. (2023). Analisis nilai moral dalam naskah drama Becik Nitik Ala Pilara karya M. Ahmad Jalidu. Sabdasastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 7(1), 111–131. Diakses dari https://jurnal.uns.ac.id/sab/article/view/63413/40131

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pramuda, L. (1995). Dasar konsep pendidikan moral. Surakarta: UNS Press.

Pohan, H. F., Suryani, I., & Rahmawati, R. (2024). Analisis nilai moral dalam naskah drama Tinggal Tanggal karya Indah Mustika Santhi. Lingua Rima, 13(2). Diakses dari https://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm/article/download/11592/5196

Rahmawati, N., & Nadya, N. (2023). Analisis nilai moral dalam buku Harapan Negeri. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 4(1), 29–40. Diakses dari https://ejournal.univ-tridinanti.ac.id/index.php/Didactique/article/view/52/35

Rahmayantis, M. D., Waryanti, E., & Puspitoningrum, E. (2022). Menulis kreatif naskah drama. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 81–91. Diakses dari https://repository.unpkediri.ac.id/4618/2/Uji%20Plagiasi%20MENULIS%20KREATIF%20NASKAH%20DRAMA.pdf

Ratna, N. K. (2003). Paradigma sosiologi sastra. Denpasar: Pustaka Pelajar.

Rohma, W. S. T., & Qur'ani, H. B. (2022). Nilai moral dalam naskah drama Sang Mandor karya Rahman Arge. Literasi, 6(2), 205–219. Diakses dari https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi/article/download/7149/5417

Rokan, Z. A. N. (2022). Nilai moral dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 19(1), 8–19. Diakses dari https://mail.ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/je/article/view/515/360

Sahid, N. (2008). Sosiologi teater. Yogyakarta: Prastista.

Waluyo, H. J. (2002). Drama (teori dan pengajarannya). Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.

Wiyatmi. (2006). Pengantar kajian sastra. Yogyakarta: Pustaka.

Downloads

Published

2025-12-03

How to Cite

Napitupulu , L. A., Harahap, N., & Lubis, R. (2025). NILAI-NILAI MORAL DALAM KUMPULAN NASKAH DRAMA TERLENA KARYA SUKARJAN: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8198–8201. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.52966

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.