PENGARUH INFLUENCER DI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN: STUDI MAHASISWA UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

Authors

  • Muhammad Fahmi Ilmiawan Universitas Trunojoyo Madura
  • Triana Setiyarini Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51187

Keywords:

Influencer, Media Sosial, Keputusan Pembelian, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer di media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen di kalangan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis explanatory research. Data dikumpulkan melalui kuesioner dari 100 responden yang aktif menggunakan media sosial. Hasil analisis menunjukkan bahwa kredibilitas, kepercayaan, keaslian, dan karisma influencer berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa. Platform media sosial seperti Instagram dan TikTok menjadi sarana efektif bagi mahasiswa untuk memperoleh informasi produk dan rekomendasi dari influencer. Dengan demikian, influencer memainkan peran penting dalam membentuk keputusan pembelian konsumen melalui pengaruh emosional dan kepercayaan yang dibangun. Studi ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran melalui influencer dapat meningkatkan efektivitas kampanye produk di kalangan mahasiswa.

References

Amalia, A. C., & Sagita, G. (2019). Analisa Pengaruh influencer social media terhadap keputusan pembelian konsumen generasi z di kota surabaya. JURNAL SOSIAL Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 20(2), 51-59.

Bui, T. Nguyen, N., Nguyen, K., & Tran, T. (2021). Antecedents affecting purchase intention of green skincare products: A case study in Vietnam. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3), 1295-1302. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no3.1295

Byrnе, Е., Kеаrnеy, J., MacEvilly, C. (2017). Thе Rоlе оf Influеncеr Mаrkеting аnd Sоciаl Influеncеrs in Public Hеаlth. Prоcееdings оf thе Nutritiоn Sоciеty. Vol. 76 Issue OCE3: Irish Section Meeting, 21–23. https://doi.org/10.1017/S0029665117001768

Cengiz, Hakan. (2017). Effect of the need for popularity on purchase decision involvement and impulse-buying behavior concerning fashion clothing. Journal of Global Fashion Marketing 8(2):1-12 https://doi.org/10.1080/20932685.2016.1257358

Deges, F. (2018). Quick Guide - Influencer Marketing. Wie Sie durch Multiplikatoren mehr Reichweiteund Umsatz erzielen. Brühl: Springer Gabler

De Veirman, M., Cauberghe, V., & Hudders, L. (2017). "Marketing through Instagram influencers: The impact of the number of followers and product divergence on brand attitude". International Journal of Advertising, 36(5), 798-828.

Djafar, S., & Rahayu, S. (2021). "The Impact of Social Media on Consumer Purchase Decision: A Study of University Students". Journal of Business and Social Review in Emerging Economies, 7(2), 237-247.

Freberg, K., Graham, K., McGaughey, K., & Freberg, L. A. (2011). "Who are the social media influencers? A study of public perceptions of personality". Public Relations Review, 37(1), 90-92.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan. Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Habibah, Ummu dan Sumiati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1, p. 31-48.

Hudson, Matthew. (2020). What is Social Media? https://www.thebalancesmb.com/what-issocial-media-2890301

Jain, Ayus dkk. (2019). Impact of Influencers on The Buying Behaviour and Attitude of Individuals. International Journal of Advanced Research (IJAR). http://dx.doi.org/10.21474/IJAR01/9899

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media". Business Horizons, 53(1), 59-68.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Lestari, N., & Patrikha, F. D. (2022). Pengaruh Harga Dan Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Wanita Di (Studi Kasus Pada Konsumen Di Surabaya). 10(1), 1635–1642.

Lin, Rong-Ho dkk. (2019). Influencer Marketing on Instagram. International Journal of Innovation in Management, Vol. 7, No. 1, pp. 33-41

Pratminingsih, S. A. (2019). The influence of electronic word of mouth and brand image on buying decision. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 11(3), 995–1002.

Prasetya, A. Y., Astono, A. D., & Ristianawati, Y. (2021). Analisa Startegi Pengaruh Influencer Marketing Di Social Media, Online Advertising Dan Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Toko On Line Zalora). Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), Vol 12 No 2, 138-151. Retrieved from http://dx.doi.org/10.36694/jimat.v12i2.357

Qazzafi, S. H. E. I. K. H. (2019). Consumer buying decision process toward products. International Journal of Scientific Research and Engineering Development, 2 (5), 130-134.

Smith, A., & Duggan, M. (2013). "Online Shopping and E-Commerce". Pew Research Center. Retrieved from https://www.pewresearch.org

Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2015). Social Media Marketing. Sage Publications.

Widodo, A. (2017). How E-marketing and trust influence online buying decision: A case study of mataharimall.com in Bandung. Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities, 25, 107–114.

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

Ilmiawan, M. F., & Setiyarini, T. (2025). PENGARUH INFLUENCER DI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN: STUDI MAHASISWA UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 8003–8011. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51187

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.