PENGARUH SENI DAN ESTETIKA DALAM STRATEGI PEMASARAN INOVATIF PADA INDUSTRI FASHION TERHADAP PENINGKATAN DAYA BELI KONSUMEN

Authors

  • Rendy Supriyanto Universitas Trunojoyo Madura
  • Triana Setiyarini Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51012

Keywords:

Seni, Estetika, Strategi Pemasaran Inovatif, Industri Fashion, Daya Beli Konsumen

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh seni dan estetika dalam strategi pemasaran inovatif terhadap peningkatan daya beli konsumen pada industri fashion. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan terstruktur yang dirancang untuk mengukur variabel seni, estetika, dan daya beli konsumen. Penelitian ini melibatkan populasi sebanyak 60 responden, di mana seluruh populasi dijadikan sebagai objek penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai hubungan antara seni, estetika, dan daya beli konsumen serta menjadi landasan dalam pengambilan keputusan strategis.

References

Hadi Elfahmi, S., & dkk. (2017). Pengaruh Inovasi Terhadap UMKM Naik Kelas Melalui Daya SaingProduk (Studi Indo Burger). SENASIF (s. 447). Universitas KH A Wahab Hasbullah.

Christine, & Budiawan, W. (2019). Anlisis pengaruh Marketing Mix (7P) Tehadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Pada House of Moo Semarang). Fakultas Teknik , Universitas Diponegoro Semarang,3-4.

Marselina, J., & Tantra B, B. (2017). Pengaruh Marketing Mix (7P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Guest House Di Surabya. Hospitality dan Manajemen, 5(2), 4.

Mulyani, Ida Tri. (2015). Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan dengan Inovasi sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Semarang). Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

Wulandari A. (2014). Kaya Raya Menjadi Raja Bisnis Online “ Langka jitu menjadi raja online “. Flash Book, Yogjakarta.

Sunyoto D. (2015). Strategi Pemasaran “ konsep memenangkan persaingan bisnis dan menakar keberhasilan strategi menarik konsumen”. Cetakan – 1 , PT. BUKU SERU. Jakarta

Anoraga. P, (2011). Pengantar Bisnis” pengelolaan bisnis dalam era globalisasi “. Cetakan ke – 2 , PT. RINEKA CIPTA. Jakarta.

Fakutas, M., Dan, E., Universitas, B., & Ratulangi, S. (n.d.). Strategi Pemasaran Kreatif Yang Diterapkan Di PT. Otomoto Manado Town Square Reymond Sangkay. Bunga Aditi, PENGARUH INOVASI DAN KREATIVITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA UMKM DI KOTA MEDA. (n.d.).

M. Dayat,. STRATEGI PEMASARAN DAN OPTIMALISASI BAURAN PEMASARAN DALAM MEREBUT CALON KONSUMEN JASA PENDIDIKAN (n.d.).

Adijati Utaminingsih,. PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI, DAN KREATIVITAS STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA UKM KERAJINAN ROTAN DI DESA TELUK WETAN, WELAHAN, JEPARA (n.d.).P

Hadi Elfahmi, S., Jatmika, D., Stie, ), Surabaya, M., Universitas, ), & Hasbullah, K.

A.W. (2017). PENGARUH INOVASI TERHADAP UKM NAIK KELAS MELALUI DAYA SAING PRODUK (Studi Indo Burger). In Seminar Nasional Sistem Informasi.

Jurnal, H., Fikri, M. K., Filzah, A., & Fathrezza Imani, M. (2022). PENGARUH KREATIF, INOVASI DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN DAYA BELI KONSUMEN. 2(1).

Kepala Pusat Studi Lingkungan dan Gender, K. (n.d.). Proceeding Seminar Nasional Peningkatan Kapabilitas UMKM dalam Mewujudkan UMKM Naik Kelas PENGARUH INOVASI PEMASARAN UMKM KERAJINAN BERBASIS DIGITAL DI DAERAH ACEH.

Nirwana. (2004). Prinsip-prinsip Pemasaran Jasa. Malang: Dioma.

Ratih, H. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta. Huriyati, R., & Buchari. (2008). Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Fokus Pada Mutu Layanan Prima. Bandung: Alfabeta.

Assauri, S. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran Edisi III. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

Supriyanto, R., & Setiyarini, T. (2025). PENGARUH SENI DAN ESTETIKA DALAM STRATEGI PEMASARAN INOVATIF PADA INDUSTRI FASHION TERHADAP PENINGKATAN DAYA BELI KONSUMEN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7940–7944. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51012

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.