PERAN GURU HALAQOH DALAM MENINGKATKAN BACAAN AL-QUR’AN SANTRI DI MA’HAD AL-QURRO’ LITAHFIDHIL QUR’AN BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Rahmita Rahmita Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Khoironi Khoironi Universitas Muhammadiyah Lampung,
  • M. Rizkal Fajri Universitas Muhammadiyah Lampung,

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50800

Keywords:

Peran Guru, Bacaan Al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnnya bacaan Al-Qur’an santri di Ma’had Al-Qurro’ Litahfidhil Qur’an Bandar Lampung. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melalui peranan dari para guru halaqoh. Peran Guru Halaqoh sangat dibutuhkan oleh para santri yang sedang menghafalkan Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Guru dalam meningkatkan bacaan Al-Qur’an di Ma’had Al-Qurro’. Serta foktor pendukung dan penghambat santri dalam meningkatkan bacaan Al-Qur’an di Ma’had Al-Qurro’. Jenis penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran guru dalam meningkatkan bacaan Al-Qur'an di Ma’had Al-Qurro’, menjadikan dirinya sebagai seorang pendidik, teladan, motivator, dan evaluator. Faktor pendukung dalam peningkatan kualitas membaca Al-Qur’an di Ma’had Al-Qurro’ meliputi Guru Halaqoh, Sarana pembelajaran, Dukungan orang tua, serta belajar tahsin. Sedangkan faktor penghambat dalam peningkatan kualitas membaca Al-Qur’an di Ma’had Al-Qurro’ meliputi faktor Orang tua, lingkungan Ma’had serta Tidak Menguasai Makharijul Huruf dan tajwid. Proses pembelajaran Al-Qur’an tidak akan berjalan begitu saja tanpa adanya guru yang pejuang dan mempunyai kompetensi yang baik. Fasilitas yang tersedia berupa meja, papan tulis, buku Yanbu’a, Al-Qur'an, buku muroja’ah santri untuk menunjang pembelajaran Al-Qur'an.

References

Ali, M. (2017). Peran guru dalam upaya meningkatkan kualitas baca tulis Al-Qur’an di TPQ Miftahul Ulum Sumobito Jombang. Jurnal Al-Murabbi, 2(2), 275–290.

Arianti, A. (2019). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.

Fatah, A., & Hidayatullah, M. (2021). Penerapan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Rachman Kudus. Jurnal Penelitian, 15(1), 169.

Heriyanto, M., & Arifin, S. (2024). Peran guru dalam meningkatkan kualitas baca Al-Qur’an santri di TPQ Darus Syi’fa Nahdlatul Wathan. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 10(3), 1132–1145.

Kartini, R. (2010). Kemampuan membaca dan menulis huruf Al-Qur’an pada siswa SMP. Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan.

Khoironi, M. H. (2021). Meningkatkan kelentingan nilai-nilai sholat pada anak usia dini. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(4).

Kulsum, E. U. (2021). Penggunaan metode kisah dalam Al-Qur’an pada pembelajaran anak usia dini di RA NU Manafiul Ulum Jl. Getassrabi No. 01 Gebog Kudus (Disertasi, IAIN Kudus).

Mahmud, A. M. A. (2016). Fase turunnya Al-Qur’an dan urgensitasnya. Mafhum, 1(1), 1–26.

Moleong, L. J. (2009). Penelitian kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Naim, N. (2009). Aneka ragam spiritualitas dalam kebudayaan kontemporer. El Harakah, 11(1), 62.

Napratilora, M., Mardiah, M., & Lisa, H. (2021). Peran guru sebagai teladan dalam implementasi nilai pendidikan karakter. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 34–47.

Nasution, S. (2016). Analisis perbandingan evaluasi pembelajaran dalam buku ajar Bahasa Arab kelas VIII SMP/MTs Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan MTs Negeri Sleman Kota (Tesis, PPS UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Safitri, D., & M. Pd. (2019). Menjadi guru profesional. PT. Indragiri Dot Com.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian & pengembangan research and development. Bandung: Alfabeta.

Willis, S. S. (2012). Psikologi pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-09-20

How to Cite

Rahmita, R., Khoironi, K., & Fajri, M. R. (2025). PERAN GURU HALAQOH DALAM MENINGKATKAN BACAAN AL-QUR’AN SANTRI DI MA’HAD AL-QURRO’ LITAHFIDHIL QUR’AN BANDAR LAMPUNG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7655–7659. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50800

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.