PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTU PAPAN PINTAR KELAS IV SDN 032/II MUARA BUNGO

Authors

  • Wilda Elfita Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Nurlev Avana Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Subhanadri Subhanadri Universitas Muhammadiyah Muara Bungo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50500

Keywords:

Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning; CTL; Proses Belajar, Hasil Belajar ; Matematika.

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas IV SDN 032/II Muara Bungo yang dilatarbelakangi observasi awal yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata ujian semester ganjil pada mata pelajaran Matematika yaitu 60. Rata-rata nilai tersebut masih dibawah kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran (KKTP) yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Hal ini menunjukkan masih rendahnya hasil belajar siswa pada matapelajaran matematika. Oleh karena itu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran CTL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan model CTL dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaa, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN 032/II Muara Bungo yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa lembar observasi keterlaksanaan model CTL. Sedangkan data kuantitatif berupa data yang diperoleh dari 1) Presentase keterlaksanaan model CTL yang diperoleh dari  jumlah jawaban Ya dan Tidak pada lembar observasi, 2) peningkatana hasil belajar yang diperoleh dari hasil proses belajar pendidik, proses belajar peserta didik dan hasil bealajar siswa dengan menggunakan model CTL. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: 1) keterlaksanaan model CTL pada mata pelajaran matematika berkatagori sangat baik,dengan perolehan dari lembar observasi pendidik pada Siklus I sebesar 73,65% dan siklus II sebesar 92,3%. Hasil lembar observasi peserta didik pada siklus I memperoleh sebesar 49,9 dan pada siklus II sebesar 87,4% 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika setiap siklus mengalami peningkatatan di aatas nilai KKTP yaitu 75%, setelah diterapkan model CTL. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 54,10%, dan hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 83,30%. Penerapan model CTL dapat meningkatkan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, dan dapat membantu siswa agar tetap fokus dalam berbagai situasi pembelajaran yang sedang terjadi sehingga terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar.

References

Adha, N., Pratama, S., Lenni, Arya, D., Abira, A., & Tahmid Madjid. (2025). HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR YANG DIPENGARUHI OLEH MODEL PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) DENGAN MEDIA KELERENG. Jurnall Inovasi Pendidikan, 6(1), 52–61. https://journalpedia.com/1/index.php/jip/article/view/1285

Agnadita Aulia Putri, Dea Puspita, Fedicha Tyas Widadarni, S. H. S. (2023). Pendidikan Pengaruh Media Papan Bangun Datar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN Darawolong IV. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 7(1), 281–289. https://doi.org/10.52802/pancar.v7i1.608

Agung, R. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , 9(1), 27–34.Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4173–4181. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2773

AQIB, Z. (2011). Penelitian tindakan kelas (PTK) Untuk Guru SD,SLB,TK.

Arikunto Suharsimi. (2013). Penelitian tindakan kelas (B. Santoso (ed.)). pustaka pelajar.

Arrosyad, M. I., Wahyuni, E., Kirana, D., & Sartika, M. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Soal Cerita Matematika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 222–228.

Avana, N., Jamaris, J., Solfema, S., Guswita, R., & Elmanda, S. (2022). Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Guided Discovery Learning Di Kelas V. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 363–368. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.1008

AVANA, N., WIYOKO, T., & WULANDARI, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Number Head Together Pada Siswa Kelas V Sdn 219/Ii Btn Lintas Asri Kecamatan Bungo Dani. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 87–96. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i2.254

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Chityadewi, K. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan Dengan Pendekatan Ctl (Contextual Teaching And Learning). Journal of Education Technology, 3(3), 196. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21746

Dahry, S., Avana, N., A, A., & J, J. (2020). Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Course Review Horay (Crh) Di Kelas Iv Sd N 65/Ii Sungai Bangsat Kecamatan Pelepat. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 1(2), 49–55. https://doi.org/10.52060/pti.v1i2.358

Darmadi, Rifai, M., Rositasari, F., & Haryati, N. (2024). Analisis Penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Sekolah. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 261–266. https://doi.org/10.60126/maras.v2i1.161

depdiknas. (2007). picture and picture.

Di, M., Dasar, S., & Kelakik, N. (2023). Received: Article info: , Reviewed: , Accepted: 1(1).

Dulyapit, A., & Rahmah, N. (2023). the Use of Contextual Teaching Learning (Ctl) Model To Improve Student Learning Outcomes of Class Iii Diversity Material At Sd Plus Al-Fathonah Madlotilah, Bekasi District. Jurnal Setia Pancasila, 4(1), 24–32. https://doi.org/10.36379/jsp.v4i1.402

Dwi Kumalasari, O., Samsiyah, N., Pujiati, W., & Pilangkenceng, S. N. (2023). Implementasi Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Luas Dan Keliling Bangun Datar Kelas Iii Sd N Pilangkenceng 01 Madiun. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 5561–5573.

Ester, K., Sakka, F. S., Mamonto, F., & Anthonieta, E. M. (2023). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning ( CTL ) di SD Gmim II Sarongsong Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Psikologi , Universitas Negeri Manado. 9(20), 967–973.

Gunawan, H., & Daulay, M. R. (2024). Strategi Contextual Teaching And Learning ( CTL ). 01(03), 38–48.

Hafifah, F., Nurimani, N., & ... (2019). Perbedaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning dan Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding …, 1–5. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/205

Hasibuan, F. H. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Papan Pintar Di Desa Bah Jambi Application of Multiplication Smart Board Learning Media in Mathematics Lessons. 5, 48–52.

Helwend, Y., & Tuamain, K. (2023). Upaya Guru dalam Meningkatkan Karakter Tanggung jawab Peserta Didik di Sekolah Dasar. Sistem-Among : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 42–47. https://doi.org/10.56393/sistemamong.v3i2.1723

Hidayat, P. W., AVANA, N., & SUMARTI, R. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Number Head Together Pada Siswa Kelas Iii Sdn 38/Ii Pauh Agung. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i1.608

Hidayat, P. W., & Widjajanti, D. B. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar siswa dalam mengerjakan soal open ended dengan pendekatan CTL. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 63–75. https://doi.org/10.21831/pg.v13i1.21167

Iman, N., Zega, S., Telaumbanua, A., Telaumbanua, A., Bangunan, P. T., Keguruan, F., Ilmu, D., & Nias, U. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran CTL ( Contekstual Teaching And Learnin;g ) terhadap Berpikir Kritis Siswa pada Materi Spesifikasi Bahan-Bahan Perkerasan Jalan Kelas XI. 4(4), 2097–2114.

Intan, I. (2024). Implementasi Metode Contextual Teaching And Learning ( CTL ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SDN 09 Rangkang. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(4), 148–158.

Kiki Oktarina, Nyayu Masyita Ariani, S. R. (2024). PENGGUNAAN PAPAN PINTAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN SISWA KELAS 4 DI SD 65 KOTA BENGKULU. 5(3), 5503–5508.

Lapassi, N. S., Sumarna, N., & Kansil, Y. E. Y. (2023). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 124–134. https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i2.17

Lubis, R., Rahmadani, A., Fadillah, A. R., & Fadillah, F. (2025). Implikasi Perkembangan Kognitif Afektif Psikomotorik Moral dan Spiritual Peserta Didik dalam Pembelajaran pada Sekolah Dasar Kelas 6. 3.

Mahmuzah, R., Sinaga, N. A., & Ainun, N. (2024). Pendekatan Contextual Teaching And Learning. 6, 247–254.

Mulyani, E., & Yatri, I. (2022). Analisis Kebutuhan Penggunaan Papan Pecahan Sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Mengenal Bilangan Pecahan Kelas II SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2191–2201.

Nafisatur, M. (2024). Metode Pengumpulan Data Penelitian. Metode Pengumpulan Data Penelitian, 3(5), 5423–5443.

Nasution, A. F., & Yusnaldi, E. (2024). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning ( CTL ) Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Peserta Didik di Kelas IV MIS Mutiara Pendahuluan. 13(3), 2937–2950.

Nurfaizah, S., & Oktavia, P. (2020). Proses Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar di MI Nurul Hikmah. As-Sabiqun, 2(1), 43–48. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.621

Nurhaedah. (2012). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teacing and Learning/CTL) dalam Pembelajaran Bagi Guru-Guru di SDN Inpres Bira 2 Bontoa Makasar. Publikasi Pendidikan, 2(2), 156. https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/1417

Nurlev avana, M. (2021). Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Number Head Together (Nht) Di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(1), 74–83. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i1.629

Pariza, I., & Marlia, A. (2025). Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Contextaul Teaching E-Learning ( CTL ) Berbasis TPACK di Kelas IV B SD Negeri 04 Bariang Rao-Rao Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. 3, 306–312.

Pradnyana, P. B. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Penerapan CTL ( Contextual Teaching And Learning ) Terhadap Siswa Kelas IV SD No. 8 Sangsit. Wahana Chitta Jurnal Pendidikan, 1(1), 80–87.

Putra, R. E. (2021). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 2(1), 40–51. https://doi.org/10.52060/pti.v2i01.523

Putri, R. S., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2022). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning terhadap Pembelajaran Tematik. Journal of Elementary School (JOES), 5(2), 367–374. https://doi.org/10.31539/joes.v5i2.3909

Rahayu, M. S., Hasan, I., Asmendri, A., & Sari, M. (2023). Relavansi Kurikulum Dan Pembelajaran Dalam Pendidikan. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 108–118. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.925

Rahayu, N., Ndona, Y., & Setiawan, D. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dengan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Muatan Pelajaran PKN Disekolah Dasar. Jurnal Sintaktis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS, Dan Bahasa Inggris, 4(1), 89–96. http://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/

Ridho’i, M. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Miftahul Ulum Pandanwangi. JURNAL E-DuMath, 8(2), 118–128. https://doi.org/10.52657/je.v8i2.1809

Rika Widianita, D. (2023). PERAN GURU IPS DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MEMBENTUK KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VIII MTs AL MAARIF 01 SINGOSARI MALANG. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Sholikhah, U., Machmud, T., & Pauweni, K. A. Y. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Guided Discovery Learning pada Materi Trigonometri di Kelas X. 7, 248–256.

Suci Perwira,Sazkia, K. (2020). Penggunaan Metode Make a Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(1), 19–24. https://doi.org/10.30596/ejoes.v1i1.4554

Sujarwo, N. (2021). Analisis Model Pembelajaran CTL Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SD/MI. Invention: Journal Research and Education Studies, 2(3), 40–47. https://doi.org/10.51178/invention.v2i3.346

Sukiyati, N., Yudiana, K., & Ujianti, P. R. (2023). Media Papan Pintar berbasis Profil Pelajar Pancasila untuk Siswa Kelas II SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 3(2), 129–136. https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.64312

Sulistriani, S., Santoso, J., & Oktaviani, S. (2021). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Journal Of Elementary School Education (JOuESE), 1(2), 57–68. https://doi.org/10.52657/jouese.v1i2.1517

Wardani, R. S., & Kumalasari, R. N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Contextual Teaching Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(1), 1–9. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.7970

Wardatul Lailiyah, R. S. K. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTAR PEMBAGIAN TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA KELAS 3 DI UPTD SDN KARANG ASEM. 09 nomor 0, 1–23.

Wiryana, R., & Alim, J. A. (2023). Problems of Learning Mathematics in. 2, 271–277.

Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14

Yanti Muchtar, F., Aulia Nurdin, F., Yamin, M., Ilham, M. S., Muhammadiyah Makassar, U., Sultan Alauddin No, J., Barat, S., & Baharuddin Lopa, J. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Journal on Education, 05(04), 14615–14624.

Yanti, N., & Putuarga, H. S. (2024). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning. Penerapan Model CTL Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas III, 3(15), 17.

Yasmin mumtaz Tsabitah, W. A. M. A. A. S. (2024). IMPLEMENTASI MODEL CTL DENGAN BERBANTUAN PENILAIAN TES MATA PELAJARAN IPAS KELAS 6 SDN. 2(12).

Zulfadewina Zulfadewina, Roslaini Roslaini, & Septi Fitri Meilana. (2023). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SD. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 178–185. https://doi.org/10.56910/sewagati.v2i2.832

Downloads

Published

2025-09-12

How to Cite

Elfita, W., Avana, N., & Subhanadri, S. (2025). PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTU PAPAN PINTAR KELAS IV SDN 032/II MUARA BUNGO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7586–7595. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50500

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.