PBL SEBAGAI STARATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Muliyatun Muliyatun Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Nasyariah Siregar Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50456

Keywords:

Problem Based Learning, Kemampuan Matematis, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 184/VII Meranti Baru II melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya hasil belajar matematika siswa yang masih banyak berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), serta pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru dan kurang inovatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa. Nilai rata-rata pra siklus sebesar 67,3% dengan ketuntasan 33,3%, meningkat menjadi 74% pada siklus I dan 84% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan model Problem Based Learning terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan matematis, partisipasi aktif, serta motivasi belajar siswa.

References

Afriani, E. D., Masfuah, S., & Roysa, M. (2021). Analisis Minat Baca Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(3), 21-27.

Anggiana, A. D. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecah Masalah Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 109. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5179

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-Based Learning: Apa dan Bagaimana. Difraction: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230

Auvisena, A. U., Sifa, L., Wardani, E. K., Afifah, N. U., Salzabila, P. A., Annabela, Y., Rahma, S. A., & Hanifa, A. S. (2023). Model-Model di Era Merdeka Belajar. Cahaya Ghani Recovery.

Dirgatama, C. H. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Mengimplementasi Program Microsoft Excel Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Di Smk Negeri 1 Surakarta. Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis, 16(2), 39–55.

Djonomiarjo, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Pedagogika, 15(2), 79–88. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v15i2.3411

Dulyapit, A., Supriatna, Y., & Sumirat, F. (2023). Application of The Problem Based Learning (PBL) Model to Improve Student Learning Outcomes in Class V at UPTD SD Negeri Tapos 5, Depok City. Journal of Insan Mulia Education, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.59923/joinme.v1i1.10

Ismayanti, S., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII di Kampung Cigulawing. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematik, 1(1), 183-196.

Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). Model Pembelajaran IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.

Kollo, M. K., & Nubatonis, K. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Vii Smptk Imanuel Tuapakas. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2), 281–292. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i2.2794

Marfu’ah, S., Zaenuri, Z., Masrukan, M., & Walid, W. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5(2), 23–67.

Muah, T. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pbi) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 9B Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015 Smp Negeri 2 Tuntang - Semarang. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 41–53.

Nawa, K., Sirait, D., Yarshal, D., Erlinda, & Siregar, N. S. (2025). Pengaruh Culturally Responsive Teaching terhadap partisipasi dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran IPAS kelas V SDN 060812 Medan. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Nusantara, 1(2), 63–70. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/jppg/article/view/3770

Nurhayati. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Negeri 2 Karanganyar. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 3(2), 121–167.

Permatasari, K. G. (2024). Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84. https://doi.org/197/dms0123/26738-34

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29-39.

Rahmawati. (2022). Efektivitas Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sukamaju. Jurnal Inovasi Pendidikan, 3(2), 23–67.

Salsabila, Y. R., & Muqowim, M. (2024). Korelasi Antara Teori Belajar Konstruktivisme Lev Vygotsky Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 813–827. https://doi.org/10.51878/learning.v4i3.3185

Salsabilah, A. S., Athallah, D. M., & Siregar, L. N. K. (2024). Implementasi Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Di SDIT Khairur Rahman. Jurnal Guru Inovatif, 1(1), 36–48. https://ejurnal.razaqcenter.com/index.php/jugi/index

Sarimuddin, S., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Dan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Ipa Siswa Kelas V Sd Di Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(3), 281–288. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i3.4864

Sucipto, S., Sumpena, A., & Wicaksono, M. A. M. (2023). Perbedaan Model Pembelajaran Tradisional dan Kooperatif Dalam Peningkatan Keterampilan Bermain Futsal. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 7(2), 561-575.

Susanti, R. H. (2023). Penulisan Karya Ilmiah sebagai Salah Satu Tools Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Inovasi Edukasi, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.35141/jie.v6i1.652

Susriyati, D., & Yurida, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbasis Karakter. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 280–288.

Wardana, & Djamaluddin, A. (2021). Belajar dan Pembelajaran. CV Khaaffa Learning Center.

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

Muliyatun, M., & Siregar, N. (2025). PBL SEBAGAI STARATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7828–7833. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50456

Similar Articles

<< < 20 21 22 23 24 25 26 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.