PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI SURVEI DI SEKOLAH SMA MUHAMMADIYAH 12 JAKARTA TIMUR)

Authors

  • Soni Adi Saputra Universitas Islam Jakarta
  • Syahrullah Syahrullah Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50322

Keywords:

Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pembentukan Karakter Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya masalah menurunnya karakter siswa, seperti disiplin dan rasa tanggung jawab yang kurang, yang menuntut kepala sekolah untuk berperan sebagai pemimpin yang penting dalam pembentukan karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh dan seberapa besar dampak kepemimpinan kepala sekolah dalam membentuk karakter siswa. Adapun jenis penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan dokumen dari 32 responden. Hasil analisis data mengungkapkan adanya pengaruh signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah (variabel X) dan pembentukan karakter siswa (variabel Y), dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,431 yang termasuk dalam kategori sedang. Selain itu, nilai koefisien determinasi (R²) yang diperoleh adalah 0,185, yang menunjukkan bahwa 18,5% variasi dalam pembentukan karakter siswa dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti lingkungan sekolah, guru, teman sebaya, dan keluarga. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin efektif kepemimpinan kepala sekolah, semakin baik pula karakter yang terbentuk pada siswa. Beberapa strategi yang diterapkan oleh kepala sekolah antara lain memberikan teladan, menciptakan suasana yang menyenangkan, mendorong partisipasi dari anggota sekolah, serta memberikan penghargaan kepada siswa yang menunjukkan karakter baik.

References

Alfi yuda. (n.d.). No Title Pengertian Karakter, Unsur, Jenis, Beserta Macam-macam Pembentukannya yang Perlu Diketahui. https://www.bola.com/ragam/read/4582039/pengertian-karakter-unsur-jenis-beserta-macam-macam-pembentukannya-yang-perlu-diketahui?page=3

Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295–5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918

Arifin, F. N. (2022). Analisis Aksara Jawa Dalam Pembentukan Karakter Anak Melalui Program Pendampingan Belajar. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 1(2), 77–87. https://doi.org/10.24090/sjp.v1i2.5885

Arifin, Z. (2019). Pengaruh Latihan Game Dan Sprint 50 Meter Terhadap Peningkatan Vo2max Atlet Sepakbola Ssb Kakimas Dampit Kabupaten Malang Kelompok Umur 14-15. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 3(1), 103–114. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v3i1.561

Asiva Noor Rachmayani. (2015). Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah.

Azis, A., Arsyad, A., & Rahman, U. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Pengaruhnya Terhadap Karakter Peserta Didik. In Journal of Management Education (Vol. 2, Issue 1).

Erliani, E. 2016. Peran Gerakan Pramuka untuk membentuk karakter Kepedulian Sosial dan Kemandirian (Studi kasus di SDIT Ukhuwah dan MIS An-Nuriyyah 2 Banjarmasin), jurnal Muallimuna, Vola.2 No.1, h 37.

Gardner, H. 2006. Five Minds for the Future. Boston: Harfard BusinesS School Press.

Hawa, siti. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik di Era Digital Perspektif Sosiologi Pendidikan. Jurnal Mumtaz.

Isma Mau Leon, I. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Membentuk Karakter Peserta didik Di Sma Negeri Weluli Kabupaten Belu.

Joni, T. 2008. Resureksi Pendidikann Profesional Guru. Malang: LP3 Universitas Negeri Malang.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (Jakarta Selatan: KPN), h. 4.

Khairil Tamimi, Suprapto, & Soraiya. (2024). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis terhadap Pembentukan Karakter Peserta didik. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 257–267. https://doi.org/10.55623/au.v5i1.344

Kholid, K., & Mugiyono, M. (2024). Pengaruh Pembiasaan Sholat terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Juwara: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 4(2), 353–362. https://doi.org/10.58740/juwara.v4i2.148

Masy’ari, A. 1986. Membentuk pribadi muslim, (Bandung: Alma’arif), hlm. 85

Mulyasa, E. 2003. Menjadi Kepala sekolah Profesional, (Bandung: Remaja Rsdakarya Offset), h. 90.

Mulyasa, E. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter, (Jakarta Selatan: Bumi Aksara). h. 1.

Nandini, P., Supriadi, Ilmi, D., & Arifmiboy. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembentukan Karakter Religius pada Peserta didik MAN 2 Bukittinggi (Vol. 4).

Nizar Rangkuti, A. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan.

Pangestu, S. P., Sulaeman, M., & Irsyadiah, N. (2024). Pengaruh Pembelajaran Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Survey Di Smk Negeri 26 Jakarta. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, Volume 7 Nomor 3.

Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074

Sauzin, J., & Tuban, I. A. H. (2023). Peranan Organisasi Peserta didik Intra Sekolah (OSIS) Dalam Membentuk Karakter Peserta didik Siswi Di MA Bahrul Ulum. Journal of Islamic Education Management, 1(2), 62361. https://journal.iaialhikmahtuban.ac.id/index.php/tadbir

Undang-Udang Republik Indonesia, No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SIsdiknas), Bandung: Citra Umbara.

Wahyudin Nur Nasution. (2021). Kepemimpinan Pendidikan Di Sekolah. Atma Reksa : Jurnal Pastoral Dan Kateketik, 5(2), 25. https://doi.org/10.53949/ar.v5i2.119

Wiyani, N.A. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini: Panduan Orang Tua dan Guru dalam Membentuk Kemadirian dan Kedisiplinan Anak Usia Dini, (Yogyakarta: Ar-Ruz Media), h. 11

Downloads

Published

2025-09-10

How to Cite

Saputra, S. A., & Syahrullah, S. (2025). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI SURVEI DI SEKOLAH SMA MUHAMMADIYAH 12 JAKARTA TIMUR). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7552–7561. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50322

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.