IMPLEMENTASI MULTIMEDIA DI MADRASAH

Authors

  • Muhammad Hanif Universitas Alwashliyah
  • Rahmad Ridwan Ridwan Sekolah Tinggi Agama Islam Panca Budi Perdagangan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.49817

Keywords:

Mutu Pendidikan;Multimedia;Madrasah

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu unsur konkrit yang sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Sejalan dengan itu, hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah masalah prestasi belajar. Masalah umum yang sering dihadapi oleh peserta didik khususnya siswa masih cukup banyak yang belum dapat mencapai prestasi belajar yang memuaskan. Dunia pendidikan pun tidak lepas dari era globalisasi teknologi yang berkembang pada masa sekarang. Pendidikan sendiri sangat merasakan kebutuhan terhadap pentingnya dalam menyampaikan materi dengan media teknologi komputer saat ini.Kemampuan teknologi multimedia yang semakin baik dan berkembang akan menambah pengetahuan siswa. Dengan demikian penulis akan membahas mengenai Multimedia mulai dari pengertian, karakteristik hingga keunggulan dan kelemahan multimedia serta implementasinya.Implementasi multimedia dalam pembelajaran di madrasah memberikan kontribusi yang besar terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Penggunaan berbagai media seperti video, aplikasi interaktif, dan platform digital mampu membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menarik, efektif, dan mudah dipahami oleh siswa. Multimedia juga memberikan fleksibilitas bagi siswa untuk belajar secara mandiri di luar jam pelajaran, sekaligus membantu guru dalam menyampaikan materi dengan cara yang lebih variatif dan inovatif.Dengan pemanfaatan multimedia secara tepat dan berkelanjutan, madrasah dapat menciptakan lingkungan belajar yang modern, adaptif terhadap perkembangan zaman, dan tetap menjaga nilai-nilai keislaman dalam proses pendidikan.

References

A. Haryanto. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah. Jurnal Teknologi Pendidikan. 17(3). 120-130. 2021.

Asyhar Rayandra. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran (Jakarta: Referensi Jakarta. 2012)

Daryanto. Media Pembelajaran : Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran (Yogyakarta: Gava Media. 2016)

Kementerian Agama RI. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah. Jakarta: Dirjen Pendis.

Miarso Hadi Yusuf. Pembelajaran Berbasis Multimedia (Jakarta: Kencana. 2007)

Mudlofir Ali. Desain Pembelajaran Inovatif: dari Teori ke Praktik (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. 2016)

Munadi Yudhi. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru (Jakarta: Referensi. 2013)

Munir. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Bandung: Alfabeta. 2008)

Prastowo Andi. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif (Jogjakarta: Diva Press. 2013)

Sanjaya Wina H. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran (Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. 2008)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional.

W. Setyowati. Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Minat dan Pemahaman Siswa di Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam. 15(2), 45-55.

Downloads

Published

2025-08-22

How to Cite

Hanif, M., & Ridwan, R. R. (2025). IMPLEMENTASI MULTIMEDIA DI MADRASAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7345–7350. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.49817

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.