PENGARUH KEGIATAN KETARUNAAN DENGAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.49298Keywords:
Ketarunaan, Kedisiplinan, Kegiatan Belajar, Pendidikan Vokasi, Poltekbang Medan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh sistem ketarunaan terhadap kegiatan belajar mengajar di Politeknik Penerbangan Medan. Ketarunaan merupakan pola pembinaan berbasis semi-militer yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari taruna. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menganalisis bagaimana praktik ketarunaan memengaruhi aspek kedisiplinan, keteraturan jadwal belajar, serta kesiapan mental taruna dalam menjalani pembelajaran. Data diperoleh melalui observasi non-partisipatif terhadap aktivitas taruna dan studi dokumentasi dari regulasi internal ketarunaan dan akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ketarunaan secara umum mendukung terciptanya lingkungan belajar yang tertib, terstruktur, dan berorientasi pada hasil. Namun, keterbatasan waktu istirahat dan tekanan rutinitas menjadi tantangan yang harus dikelola agar proses belajar tidak terganggu. Dengan pengelolaan yang seimbang, ketarunaan dapat menjadi landasan kuat dalam membentuk karakter taruna yang siap menghadapi dunia kerja profesional.References
Adinata, F. A., Putra, I. G. A. M., & Machmiyana, I. (2024). Pengaruh Kurikulum, Fasilitas, Dan Kualitas Pengajar Di Pendidikan Vokasi Terhadap Kompetensi Lulusan Di Industri Penerbangan Indonesia Dibandingkan Dengan Pendidikan Non-Vokasi. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(7).
Agunawan. (2020). Pembelajaran Vokasi Di Perguruan Tinggi . Nobel Press (Stie Nobel Indonesia Makassar).
Annisah, A., & ‘Afifah, N. (2022). Peran Pendidikan Ketarunaan Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. Jssh (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 6(1), 9. Https://Doi.Org/10.30595/Jssh.V6i1.13251
Hakim, L. (2024, August 14). Metode Observasi: Pengertian, Macam Dan Contoh. Https://Deepublishstore.Com/.
Novriyansah, M. A. D., Yuniar, & Afriantoni3. (2025). Manajemen Kurikulum Pendidikan Berbasis Militer: Analisis Dan Tantangannya. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2).
Permana, Y. H., & Yustisia, M. G. H. (2024). Manajemen Kesiswaan Dalam Perspektif Literatur: Upaya Membangun Budaya Disiplin Di Lingkungan Sekolah . Jpgi (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 9(2).
Rahayu, F. R., Ardiani, V. G., & Nurhabibah, W. (2023). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Diklat Karsa Berbasis Ketarunaan Di Smk N 1 Pangandaran. Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 523–527. Https://Doi.Org/10.55681/Sentri.V2i2.531
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kevin Abet Nego Sianipar, Donna Nurhaida Masdiana Sirait

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




