MOTIF DAN DAMPAK PENGGUNAAN CHAT GPT DI ERA DIGITAL PADA MAHASISWA

Authors

  • Arini Alfa Mawaddah Universitas Islam Jakarta
  • Farhana Farhana Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.49098

Keywords:

Chatgpt, Mahasiswa, Motif Penggunaan, Uses and Gratification, Determinisme Teknologi.

Abstract

Perkembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan ChatGPT sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran, termasuk di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Jakarta. ChatGPT banyak digunakan untuk memahami materi, menyusun tugas, serta mencari referensi dengan lebih cepat dan praktis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif dan dampak penggunaan ChatGPT dalam proses pembelajaran mahasiswa dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap sembilan mahasiswa aktif angkatan 2024, lalu dianalisis menggunakan teori Uses and Gratifications (UGT) untuk mengkaji motif, serta teori determinisme teknologi untuk melihat dampaknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif penggunaan ChatGPT meliputi motif kognitif, afektif, dan sosial, dengan dampak positif berupa efisiensi waktu dan peningkatan rasa percaya diri. Namun, terdapat pula dampak negatif seperti ketergantungan, penurunan kreativitas, dan kecenderungan plagiarisme pasif. Oleh karena itu, diperlukan literasi digital dan pendampingan akademik agar penggunaan ChatGPT tetap memberikan manfaat secara bijak dan bertanggung jawab akademik secara mandiri dan berkelanjutan.

References

Aiman Faiz Dan Imas Kurniawaty, Tantangan Penggunaan Chat GPT Dalam Pendidikan Ditinjau Dari Sudut Pandang Moral, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.5, 2023.

Albi Anggito Dan Johan Setiawan, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jogjakarta: CV Jejak, 2018), H.145.

Andre Mustofa Meihan, Junita Yosephine Sinurat, Dan Lisa Rukmana, Analisis Pemanfaatan Chatgpt Dalam Pembelajaran Sejarah Oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Jambi, Jurnal Pendidikan Sejarrah Indonesia, Vol. 6, 2023.

Arifin, A., & Rohmah, S. (2024). Perilaku Mahasiswa Dalam Pemanfaatan AI Untuk Pembelajaran Mandiri. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 10(1), 22–30.

Arfah Sahabuddin, Chat GPT : Sebuah Transformasi Cara Belajar Mahasiswa Studi Kasus: Mahasiswa ITBM Polman Di Kabupaten Polewali Mandar, Jurnal E-Bussiness, Vol. 3, 2023.

Arrman Kyaw, Survei Mahasiswa Menggunakan Chat GPT Untuk Tugas, 2023, (Https://Www.Diverseeducation.Com). Diakses Pada Tanggal 23 April 2024.

Desy Yuliastuti, 5 Negara Dengan Pengguna Chat GPT Terbanyak2022, (Www.Fortuneidn.Com). Diakses Tanggal 21 Januari 2024.

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Tantangan Penggunaan Chatgpt Dalam Pendidikan Ditinjau Dari Sudut Pandang Moral. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5.

Gramedia Literasi. (2024). Teori Used And Gratification: Konsep Dan Lima Asumsi Dasar. Diakses Dari Https://Www.Gramedia.Com/Literasi/

Harris, M. (2021). Era Digital Dan Dampak Perkembangan Teknologi Yang Pesat. Diakses Dari Www.Gramedia.Com

Hidayatullah, A. (2022). Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Mahasiswa Di Era Disrupsi. Jurnal Pendidikan Inovatif, 8(2), 55–63.

Kompasiana. (2024). Jacques Ellul: Masyarakat Teknologis. Diakses Dari

Kuttab Digital. (2024). Mengenal Teori Uses And Gratification Dalam Penggunaan Media. Diakses Dari Https://Kuttabdigital.Com/

M. Harris, Era Digital Dan Dampak Perkembangan Teknologi Yang Pesat, 2021, (Www.Gramedia.Com). Diakses Pada Tanggal 28 April 2024.

Mairisiska Dan Qadariah, Persepsi Mahasiswa FITK IAIN Kerinci Terhadap Penggunaan Chat GPT Untuk Mendukung Pembelajaran Di Era Digital, Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, Vol. 13, 2023.

Marlya Fatria, Pembelajaran Digital, (Bandung: Widina Bhakti Persada, 2021), H. 9.

Meihan, A. M., Sinurat, J. Y., & Rukmana, L. (2023). Analisis Pemanfaatan Chatgpt Dalam Pembelajaran Sejarah Oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Jambi. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, Vol. 6.

Muhammad Jafar Maulana, Cecep Darmawan, Dan Rahmat, Penggunaan Chat GPT Dalam Pendidikan Berdasarkan Perspektif Etika Akademik, Jurnal Bhineka Tunggal Ika, Vol. 10, 2023.

Muhammad Jafar Maulana, Cecep Darmawan, Rahmat. Penggunaan Chatgpt Dalam Pendidikan Berdasarkan Perspektif Etika Akademik, Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 2023, Vol. 10, No.

Muhammad, Sumber Belajar, (Mataram: Sanabil, 2018), H. 2.

Nokya Suripto Putri, Peran Dan Tantangan Penggunaan Teknologi AI (Chat GPT) Di Ranah Pendidikan, 2023, (Https://Unair.Ac.Id). Diakses Tanggal 21 Januari 2024.

Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar, Journal On Education, Vol. 5, 2023.

Pratama, R. (2022). Kecerdasan Buatan Dan Tantangan Etika Akademik Mahasiswa. Jurnal Teknologi & Etika Pendidikan, 7(1), 12–19..

Putri, D. A., & Lestari, I. (2021). Pengaruh Teknologi Interaktif Terhadap Kecemasan Akademik Mahasiswa. Jurnal Psikologi Edukatif, 13(1), 41–50

Rahman Wahid, Eviana Hikamudin, Dan Ani Hendriani, Analisis Penggunaan Chat GPT Oleh Mahasiswa Terhadap Proses Pendidikan Di Perguruan Tinggi, Jurnal Pedagogik Indonesia, Vol. 1, 2023.

Rakhmawati, D. (2022). Teori Uses And Gratifications Dalam Penggunaan Media Sosial Oleh Mahasiswa. Jurnal Komunikasi, 14(2), 123-135.

Rangsit University Pathum Thani Thailand, The Use Of Chatgpt In The Digital Era : Perspective On Chatbot Implementation, Journal Of Applied Learning & Teaching, Vol. 6, 2023.

Sahabuddin, A. (2023). Chatgpt: Sebuah Transformasi Cara Belajar Mahasiswa Studi Kasus: Mahasiswa ITBM Polman Di Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal E-Business, 3.

Sugiarto, A., & Widodo, H. (2024). Integrasi Chatgpt Dalam Pembelajaran Akademik: Studi Kasus Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 9(2), 102–110.

Supriadi, Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran, Lantanida Journal, Vol. 3, 2015.

Toga Ari Harmawan, Dkk., Persepsi Guru Terhadap Aplikasi Chat GPT Sebagai Salah Satu Media Pendukung Pembelajaran, Jurnal Universitas Negeri Jakarta, Vol. 37, 2023.

Wahid Suharmawan, Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan, Journal Education Research And Development, Vol. 7, 2023, Hal. 163.

Wahid, R., Hikamudin, E., & Hendriani, A. (2023). Analisis Penggunaan Chatgpt Oleh Mahasiswa Terhadap Proses Pendidikan Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pedagogik Indonesia, Vol. 1.

Wulandari, M. (2021). Efek Ketergantungan Teknologi Terhadap Motivasi Dan Literasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Digital, 5(2), 88–95.

Yuliastuti, D. (2024). 5 Negara Dengan Pengguna Chatgpt Terbanyak 2022. Diakses Dari Www.Fortuneidn.Com

Zulfikar Hardiansyah, Kelebihan Dan Kekurangan Chat GPT Serta Manfaatnya Dalam Membantu Pekerjaan, 2023, (Www.Kompas.Com). Diakses Tanggal 21 Januari 2024.

Downloads

Published

2025-08-07

How to Cite

Mawaddah, A. A., & Farhana, F. (2025). MOTIF DAN DAMPAK PENGGUNAAN CHAT GPT DI ERA DIGITAL PADA MAHASISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 6959–6968. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.49098

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.