PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, LIVE STREAMING DAN GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (STUDI KASUS PADA GENERASI Z DI KABUPATEN ASAHAN)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.48224Keywords:
Electronic Word Of Mouth, Live Streaming, Gratis Ongkos Kirim, Keputusan Pembelian.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Live Streaming dan Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada E- commerce Shopee (Studi Kasus pada Generasi Z di Kabupaten Asahan). Populasi dalam penelitian ini adalah Generasi Z di Kabupaten Asahan yang jumlahnya tidak diketahui dengan pasti. Teknik penarikan sampel yang ditentukan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik penarikan sampel ini merupakan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yang dilakukan oleh peneliti sendiri yang didasarkan pada kriteria tertentu. Sampel yang dikehendaki dihitung menggunakan rumus moe dengan margin eror sebesar 10%, didapatkan sampel sebanyak 96,04 digenapkan secara matematis sebanyak 96 orang sebagai sampel. Data yang digunakan merupakan data primer, penelitian ini dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, Instagram dan Facebook. Menggunakan kuesioner elektronik yakni Google form. Alat analisis data menggunakan regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Live Streaming dan Gratis Ongkos Kirim secara simultan terhadap Keputusan Pembelian dibuktikan dengan signifikan sebesar (0,000 < 0,05) maka diperoleh Fhitung 50,633 > Ftabel 2,70. Sedangkan Electronic Word Of Mouth secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikan sebesar 0,005 < 0,05 dengan nilai thitung 2,901 > ttabel 1,98609, Live Streaming secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai thitung 4,234 > ttabel 1,98609 dan Gratis Ongkos Kirim secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai thitung 4,622 > ttabel 1,98609.References
Arif, M., & Yani, S. A. 2023. Keputusan Pembelian Online Peran E-Commerce dan Brand Awaraness DimediasiDropshipping. UMSU PRESS. Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis
Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, P., & Keller, K. L. 2009.
Manajemen Pemasaran. Erlangga. Machali, I. 2017. Metode Penelitian
Kuantitatif. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam UIN Yogyakarta.
Sawlani, D. K. 2021. Keputusan Pembelian Online : Kualitas Website, Keamanan dan Kepercayaan. Scopindo Media Pustaka.
Sihabudin, Mandailina, V., & Briliant,
R. N. 2021. Ekonometrika Dasar (Teori Dan Praktik Berbasis SPSS). CV. Pena Persada.
Burda, A., & Kusum, A. T. 2022. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan, Loyalitas, dan Kepercayaan Pelanggan pada E- Commerce Shopee. Journal of Economics and Business Aseanomics, 7(2), 89.
Handayani, A., Sarwono, A. E., & Pratiwi, D. 2022. Pengaruh E- Wom, Ease Of Use And Trust Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Melalui Lifestyle Pada Pengguna E-Commerce Shopee Di Surakarta. Elwasathya: Jurnal Studi Agama, 10(01), 113–
124.
Hartin, F. V. 2023. Pengaruh E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Dimediasi Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Pada Indomaret Cabang Mandala By Pass. Junal Ilmiah Metadata, 5(2), 350–372.
Misbakhudin, A., et al. 2023. Content Marketing , Live Streaming , And Online Customer Reviews On Fashion Product. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 12(2), 293–307.
Nurivananda, S. M., & Fitriyah, Z. 2023. Social Media Application Tiktok ( Study On Generation Z Consumers @ Scarlett _ Whitening In Surabaya ) Pengaruh Content Marketing Dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Media Sosial Tiktok ( Studi Pada Konsumen Generasi Z @ Scarlett. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(4), 3664–3671.
Purnomo, N., et al. 2024. Pengaruh Live Streaming Selling , Diskon , Gratis Ongkir Dan Cash On Delivery Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. BUDGETING: Journal of Business, Management and Accounting, 5(2), 1129–1144.
Putri, M. Y., & Fathorrahman. 2022. Pengaruh Patronage Buying Motives Dan Promosi Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan. Jurnal Distribusi, 10(1), 105–116.
Rahmayanti, S., & Dermawan, R. 2023. Pengaruh Live Streaming, Content Marketing, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada TikTok Shop di Surabaya. 6(1), 337–344. https://doi.org/10.37531/sejaman.v 6i1.2451
Saputra, G. G., & Fadhilah, F. 2022. Pengaruh Live Streaming Shopping Instagram TerhadapKepercayaan Konsumen Online dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(2), 442–452.
https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4 i2.2353
Sholikhah, N. I., et al. 2024. Pengaruh Electronic Word Of Mouth , Brand Image, Dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Produk Npure Pada Marketplace Shopee. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(2), 2723–3901.
Yuliana, Y., et al. 2024. Pengaruh Influencer Marketing , Customer Review Dan Tagline " Gratis Ongkir " Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Dusun I Tanjung Morawa B). Jurnal Mutiara Manajemen, 9, 49–63.
Yulindasari, E. R. F. K. 2022. Pengaruh e-WOM (Electronic Word Of Mouth) terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal di Shopee. Journal of Islamic Economics and Finance Studies Volume, 3(1), 55–69.
Chintya. 2021. Free Ongkir Adalah: Pengertian dan Strategi Ampuh dalam menerapkannya. Accurate. https://accurate.id/marketing- manajemen/free-ongkir/
Valerina, G. 2024. Free Ongkir Adalah: Pengertian dan Tips Ampuh Menerapkannya dalam Bisnis. Koin Works.
https://koinworks.com/blog/free- ongkir-adalah/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Novita Indriani , Tengku Syarifah, Tri Andriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




